EDUKASI · LIFESTYLE

#CANADA150 : A BEAUTIFUL PLANET : Let’s Save The Earth

Masih mau bilang bumi itu datar…? Masih mau bilang kalau Global Warming itu hoax? Masih mau bilang kalau kiamat sudah dekat dan jalani saja kehidupan sebagaimana seharusnya? Sebagaimana seharusnya yang gimana ya maksudnya? Tuhan udah bilang sama kamu kalau kiamat udah dekat?  Tidak inginkah kita jaga bumi ini supaya tetap sehat dan indah? Mengembalikan kesempurnaan ekosistem pada tempatnya? Emang bumi lagi kenapa sih? Apa yang mustinya kita lakukan sih? Yakin kabar itu benar? Jawabannya… Baca sampai akhir ya.. LET’S SAVE THE EARTH..

Hari Rabu tanggal 20 Desember 2017 kemarin saya termasuk dalam blogger influencer undangan yang beruntung diundang ke perayaan CANADA 150 yang diadakan oleh Canadian Embassy dan Change.Org. eventnya sendiri sangat menarik karena berupa pemutaran film pendek ‘A Beautiful Planet’ yang merupakan dokumentasi nyata dan langsung dilakukan oleh para astronot dan langsung dari ruang angkasa .. Banyak sekali insight yang saya dapat dari film ini. Terutama tentang peringatan Global Warming yang kian nyata..

Seperti apa filmnya..? Ini sedikit cuplikannya .. yang saya dapat dari kawan yang membantu memetiknya dari youtube…

****

A beautiful planet press conference

Registrasi Dulu Sist

Undangan yang digagas pada pukul 6 sore ini diawali dengan press conference .. yang menghadirkan Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste : Mr H.E. Peter MacArthur dan selebriti Indonesia .. Mbak Nina Tamam yang sejak lama sudah menjadi aktivis lingkungan dan penyayang anjing ..

Mr MacArthur menjabarkan bagaimana hubungan baik antara Canada dan Indonesia yang sudah terjalin sekian lama dalam banyak hal, yang tertuang dalam video yang bisa kamu lihat di sini.

Mbak Nina Tamam juga mengatakan tentang kepeduliannya pada global warming dan keadaan bumi yang lingkungannya semakin mengkhawatirkan. Mbak Nina sangat mengapresiasi pemerintah Indonesia pada kepemimpinan Presiden Jokowi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak De ini, bahwa saat ini ketegasan untuk menindak keras para pelanggar lingkungan hidup untuk mendukung bumi yang lebih baik bagi masa depan.

*****

Serunya Nonton Di IMAX

Kita semua tentu tahu kenapa diputar perdana di IMAX ya.. teknologi IMAX dan Canada tentu sangat attached.. semua tahu..

Beruntung sekali bisa nonton di row yang pas, dan menikmati setiap adrenaline rush yang didapat seakan betul2 3D berada di luar angkasa 😍😍

Saat kamera turun ke Mars .. dan menunjukkan perbandingan antara bumi dan mars beneran bikin ngilu…

Dan saat melihat milky way.. seakan terdorong untuk memegang bintang-bintang angkasa dengan tangan ini 💙 duh kepengen lagi…

*****

Lebih Dekat Dengan A Beautiful Planet, Behind The Scene

Segala sesuatu tentang cerita di balik layar selalu menggelitik untuk dikorek lebih dalam. IMAX melalu akun youtube nya siap untuk menjawab rasa penasaran itu.. selanjutnya .. silakan cek di sini .

*****
Dan ini adalah video yang saya buat untuk dokumentasi pendek event kemarin.. IMAX full dengan banyak orang.. para pemerhati lingkungan. Semoga.. informasi baik ini bisa menyebar dan menjadi perhatian publik..

Apa Yang Unik Dari Film A Beautiful Planet ini? 

Ada beberapa fakta singkat terkait penayangan film A Beautiful Planet – IMAX, di antaranya:

  • Film “A Beautiful Planet” belum pernah ditayangkan untuk umum di Indonesia. Penayangan film di Gandaria City, IMAX Theatre, pada 20 Desember 2017 adalah penayangan perdana.


  • Film dokumenter IMAX ini menampilkan keindahan bumi dan dampak yang ditimbulkan oleh manusia, yang gambar-gambarnya diambil oleh para astronot dari dalam Stasiun Ruang Angkasa Internasional ISS selama 15 bulan.


  • Film produksi 2016 berdurasi 47 menit ini dinarasikan oleh Jennifer Lawrence dan disutradarai oleh Toni Myers, sutradara perempuan asal Kanada yang pernah membuat film dokumenter terkenal “Hubble 3D” yang dinarasikan oleh Leonardo Dicaprio.


  • Pemutaran film ini di Indonesia adalah bagian dari rangkaian perayaan “Canada 150” atau ulang tahun ke-150 Kanada yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Kanada di Indonesia bekerjasama dengan Change.org Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian publik tentang upaya penyelamatan lingkungan


Pesan Penting Yang Saya Tangkap Dari A Beautiful Planet

Saya sangat tersentuh melihat film ini.. dan sudah siap dengan segala kejutan di dalamnya. Dan berikut adalah beberapa hal yang saya tangkap :

(1) saya semakin percaya bahwa bumi itu tidak datar

Hihihi.. ini juga yang disampaikan oleh Mbak Nina Tamam..

Lebih lanjut tentang ini, saya tidak ingin berkomentar. Yang jelas.. teknologi ini nyata dan BUMI ITU BULAT!

(2) Global Warning IS REAL

Kami menyaksikan dan menyimak banyak fakta yang memperlihatkan pencairan es yang melebihi kewajaran.. dan jika itu terjadi terus menerus maka air laut akan naik lebih dari 20 kaki dan itu berarti.. ada kota-kota di bibir pantai yang akan tenggelam..

(3) Air Sungai Menguap dan Beberapa tempat mulai berwarna kecoklatan

Kejadian ini nyata.. ada jutaan orang bergantunh hidupnya dengan air sungai yang membelah benua.. dan dari atas (luar angkasa) terlihat jelas bagaimana sungai dan danau mulai ‘menyusut’

(4) Ternyata saat malam hari.. Bumi tak kalah indahnya dengan siang hari.

Siang hari.. bumi bagaikan batuan permata biru yang berkilau dengan indahnya.

Saat malam tiba.. bagaikan permata gelap dengan semburat emas cahaya lampu kota 💙

Love it both..

Meski saya sedih saat melihat.. perbedaan nyata KorSel dan KorUt saat malam hari 😭😭😭 satunya gelap.. satunya terang benderang 😩😩😭😭

(4) Diperlihatkan bagaimana sempurnanya bumi sebagai tempat tinggal sekaligus bagaimana bumi saat ini…

(5) Diperlihatkan tentang di mars itu kondisinya berlebalikan dengan bumi

Yakin akan hidup di sana? Tidak ada air.. suhu dingin.. tidak ada atmosfer.. 😭😭😭

(5) Diperlihatkan bahwa ada sistem atta surya menyerupai bimasakti .. yang jauhnya ratusan ribu cahaya 😭😭😭

Semacam ada harapan .. tapi kok kayak PHP.. gimana menembus perjalanan sejauh itu gaes 😭😭😭

****

Banyak pertanyaan berkecamuk di kepala..

bisakah kita hidup lebih ramah lingkungan?

Bisakah kita lebih hemat energi?

Bisakah kita begini dan begitu.. dan ini dan itu …

Teman-teman.. kita semua tahu apa yang membuat bumi ini mendekati kerusakan.. kita semua tahu seberapa manja dan serakahnya manusia (ya kita ini)…

Mari… Kita memulai dari diri sendiri… untuk membiasakan diri kembali ke alam.. lebih ramah lingkungan.. demi.. anak cucu kita nanti…

“Jangan sampai mereka bilang: oh dulu pernah ada monyet ma? Gambarnya seperti ini ya?. Saya tidak mau anak saya tidak bisa mengenal satwa di kebun binatang karena sudah punah” , kata mbak Nina Tamam.

Dan.. saya setuju! Kalau kamu…?

****

Itu tadi sedikit cerita Sofia tentang nonton bareng A Beautiful Planet di IMAX bersama Canadian Embassy dan Change.org ..

Berikut beberapa foto event yang sempat diabadikan :


Duta Besar Kanada – Mbak Nina Tamam – Tim Change.org – Tim Kedutaan Kanada – Media – Bloggers
Kika : Leoni – Putri – Dhenok – Sofia
Speech opening before the movie start


*****

That’s all for me guys 💙 terima kasih sudah membaca sampai selesai.. see u again next blogpost!
Salam,

Sofia Dewi

2 thoughts on “#CANADA150 : A BEAUTIFUL PLANET : Let’s Save The Earth

    1. Iyaaaa liaaaa.. aku ampe nangis padahal cm 47 menit. Gimana kalo sejam setengah ya wkwkwwkwkw.. semoga.. bumi kita sehat wal afiat yaaa .. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *