HOTEL REVIEW · LIFESTYLE · TRAVELLING

[Hotel Review] Menikmati Syahdunya Alam AMATA Borobudur Resort

Mungkid, Magelang.. menjadi salah satu destinasi favorit saya di awal tahun 2017. Beberapa kali ke sana untuk menengok project site, selalu menginap di sebuah resort yang dikenalkan oleh steering comitte IKKON 2016, Pak Felix H dan Pak Abdi Ahsan. Perpaduan modern dan tradisional dari tempat ini membuat saya kembali dan kembali lagi… Kamu pasti penasaran kenapa kan..? Yuk .. simak dan baca sampai selesai 😉

*****

Tentang Amata Borobudur Resort

Berjarak 12 menit dari objek wisata candi borobudur membuat resort yang terletak di Jalan Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah ini menjadi tempat pilihan menginap dengan harga yang pas. Tidak terlalu rendah, tidak terlalu tinggi, dengan fasilitas yang lengkap.

Amata Borobudur Resort and Resto memiliki cirikhas modern Indonesia. Bangunan mayoritas joglo dengan sentuhan kayu dan batuan alam membuatnya cantik bersanding dengan hamparan hijau pepohonan di sekitar.. me loves it!

Dengan area seluas sekitar 1 hektar resort ini memiliki fasilitas yang lengkap, di antaranya:

– tempat parkir yang luas

– lobby dan ruang tunggu yang luas

– souvernir shop

– art gallery

– restaurant

– kolam renang

– cottage berbentuk joglo dengan teras yang asri

– gazebo kayu untuk bersantai di taman

*****

Gerbang dan Area Parkir

Amata Borobudur sangat musah dicari karena betul-betul di tepi jalan aspal, jalan utama kecil yang ada di jalan Mendut ini. Ada gate dengan Tulisan “Amata Borobudur resort & resto” ..

Menyusuri jalan konblok sekitar 200m, saya menemukan Joglo dan Lobby dengan area yang sangat luas. Kira-kira cukup untuk 15-20 mobil, bahkan lebih.. cukup untuk seluruh tamu menginap apabila resort full booked dan semua tamu membawa mobil.

Begitu parkir, kami disambut oleh pegawai dan dibantu untuk membawa koper ke lobby. Ramah sekali.. dan langsung dipersilakan duduk.

Kami diberi handuk kecil basah dan welcome drink. Es Teh Sereh ini segar sekali.. ada snack berupa kacang telur juga. Servis yang bagus sembari menunggu proses check in selesai..

Sambil menunggu proses yang agak lama, karena ternyata hari itu kamar kami sedang disiapkan, sepertinya hari sebelum nya ada banyak tamu di Amata, saya menikmati lobby, souvenir shop dan Anthony’s Borobudur Gallery ..

*****

Anthony’s Borobudur Art Shop

Memasuki area lobby, serasa memasuki sebuah galeri seni. For sure. Banyak barang antik dan art stuffs yang didisplay. Sebagian dijual sebagian adalah property resort. Yup! It is an art gallery, everyone! Namanya Anthony’s Borobudur Art Shop.

Ini adalah tempat yang tepat jika anda membutuhkan aneka oleh-oleh/souvenir untuk kerabat dan orang terdekat. Berlokasi di lobby Amata Borobudur Resort, kami memiliki banyak macam koleksi barang seni yang unik untuk dipilih dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

*****

Memilih Menu Breakfast

Menjelang siap kamar.. kami diminta untuk memilih menu sarapan. Ada 7 jenis yang akan kami dapat esok pagi. Surprised. Banyak juga ya.. lengkap juga ya, mulai dari Minuman Panas, Jus, Appetizer, Main Course, buah, dan dessert. Belum terbayang bagaimana esok hari saat memilih menu ini..

*****

Cottage Joglo di Amata Borobudur Resort

And finally… Kamarnya ready 💙

Sebagai resort di tepian Borobudur, yang dikelilingi oleh pepohonan, sawah dan desa wisata.. konsep Amata Borobudur Resort dengan cottage joglo membuat atmosfer jawa semakin terasa kental.

Kebetulan saya tinggal di vip room yang justru ‘terasing’ di samping bawah area .. dan memiliki view ke sungai.

Bangunan ini cukup panjang dan besar. Ternyata, memang terdiri dari 2 kamar tidur. Di antara kedua kamar tersebut ada teras yang cukup luas yang bisa difungsikan sebagau living room.. ada banyak ornamen pendukung seperti payung kertas tempo dulu yang cantik, congklak/dakon kayu berbentuk naga, dan sepeda ontel..

Pintu kayu dengan handle tradisional yang sangat unik menyambut kami. Di dekat pintu ada tempat penyimpan payung kertas yang terlipat rapi. Mari masuk…

Perabot serba kayu memberikan nuansa homy yang saya suka. Kursi risban kayu dan rotan khas jawa juga ada di dalam kamar ini. Dilengkapi meja kecil yang berisi snack dan buah sebagai compliment.

Lebih ke dalam.. ada TV yang terpasang di dinding dilengkapi meja kerja di bawahnya. Ada disediakan speaker deck yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik dari HP atau Ipod. Sip!

Ada almari dan meja di sudut sebagai walkin closet sebelum mencapai kamar mandi. Kami meletakkan koper di sini.

Nah, Kamar mandinya adalah salah satu bagian yang saya suka. Ada bath tub dan wastafel yang cantik. Juga deskorasi frame. Bunga-bunga yang bertaburan serta aromatherapy membuat aroma kamar mandi ini sangat wangi..

Dinner At Amata Restaurant

Setelah check in, kami menuju ke site untuk bekerja. Kemudian kembali saat malam hari dan memilih untuk menikmati dinner di resort saja.

Ada banyak sekali menu yang menarik.. tapi yang kami pilih adalah gado-gado dan ayam bakar. Dengan minuman favorit.. wedang uwuh.

Harga yang dibandrol dalam setiap menunya masih dalam batas wajar. Bahkan tergolong murah untuk ukuram resort. Rasanya pun sedap.. meski saya agak bingung memakan gado-gado nya..

Sangat cantik platingnya.. namun jadi bingung karena susah dicampur hihi.

*****

Breakfast di Amata restaurant

Menjelang pagi, agenda pertama yang diingat tentu sarapan. Mandinya nanti saja.. karena selepas sarapan, seperti biasa saya lebih suka jalan-jalan keliling resort sambil membakar kalori hihihi..

Masih ingat ya.. saya harus memilih menu dalam 7 jenis yang semua akan dihidangkan dalam meja makan.

Baiklah… Betul-betul big breakfast 🍽️ alhamdulillaaah …

*****

Resort Tour

Puas mengisi perut.. waktunya jalan-jalan. Alhamdulillaaah cuaca cerah.. betul-betul waktu yang sempurna untuk menjelajah resort ini. Sejuknya embun pagi dan kicau burung terasa syahdu dinikmati di pagi hari..

Kayu .. air.. tanaman hijau.. membuat saya menyukai resort ini. Kembali ke alam memang sdlaluenjadi destinasi favorit untuk short escape..

Ada banyak cottage yang saya jumpai.. kalau tidak salah hitung, ada 3 undakan yang masing-masing dihuni 2-4 cottage. Dan di antara cottage satu dengan yang lain.. ditanami tanaman untuk keperluan nursery..

*****

Pool Side

Kolam renang dan tempat duduk-duduk di sekitar kolam seperti menjadi syarat tempat menginap saat liburan .. dan di Amata Borobudur ini ada banget. Bahkan ditata apik dan lengkap.

Ada 2 macam pool.. yang kecil dan tidak dalam ini untuk anak-anak.. dan di sebelahnya adalah untuk dewasa. Keduanya connected..

Di antara cottage dan pool, terdapat beberapa gazebo kayu yang lengkap dengan matras dan bantal-bantal yang bisa digunakan untuk bersantai..

Juga ada bangku taman yang bisa digunakan untuk duduk-duduk menikmati suasana.

*****

Keep in touch with Amata Borobudur Resort

Selalu menyenangkan berada di Amata Borobudur. Sekarang setelah pekerjaan selesai, mulai jarang ke Magelang. Mudah-mudahan di lain waktu bisa menginap di sini lagi. Amin..

Untuk tahu lebih lanjut mengenai resort ini, bisa langsung kunjungi website nya dan follow instagram nya yah.

*****

That’s all from me guys! Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Semoga tulisan ini bisa membuatmu tertarik untuk datang ke Magelang.. karena ternyata ada tempat menginap yang enak dan terjangkau harganya yah..

Feel free untuk memberikan komentar di bawah lho.. dan jangan bosan-bosan mampir ya.. karena target februari adalah satu artikel sehari. Yeay! Amin!

Sampai ketemu di blog post selanjutnya..

Salam,

Sofia S Dewi

One thought on “[Hotel Review] Menikmati Syahdunya Alam AMATA Borobudur Resort

  1. Mbak, ini tempatnya bagus banget. Aku sempet mikir kalo resort nuansa tradisional pasti tempat tidur dan kamar mandinya gak nyaman. Ternyata kalo lihat di sini malah modern banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *