HOBBY · LIFESTYLE · TRAVELLING

[ Travel ] Keunikan Candi Mendut Jawa Tengah

Candi Mungil di Mungkid Magelang Jawa Tengah ini selalu menarik perhatian wisatawan yang melintas karena lokasinya yang unik, yaitu di hook yang mudah ditangkap mata. Selain komplek nya yang mungil.. ada banyak hal lain yang membuat saya sangat mengagumi Candi Buddha ini. Mau tahu dong.. ada apa saja di dalamnya..? Yuk.. ikuti terus sampai selesai yah…

Tentang Candi Mendut

Candi Mendut merupakan Candi bercorak Buddha yang terletak tak jauh dari Candi Borobudur. Ada vihara tak jauh dari Komplek candi mungil ini. Dan menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi Umat Buddha saat hari raya Waisak tiba.

Menurut catatan sejarah, Candi Mendut didirikan oleh Raja Indra dari Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi. Tercatat bahwa kala itu Raja Indra membangun bangunan suci yang dinamakan wenuwana atau hutan bambu. Lalu kenapa kemudian akhirnya disebut Candi Mendut? Konon ada arkeolog Belanda bernama J.G de Casparis yang akhirnya menemukan hubungan keduanya, dan dipakai sampai sekarang.

Candi Mendut

Sesampainya di komplek candi, bisa langsung parkir di area pagar besi. Beruntung tidak banyak wisatawan jadi dapat tempat parkir yang nyaman.

Untuk masuk ke komplek candi, kami harus beli tiket dulu di loket penjaga. Harga tiket untuk wisatawan lokal cukup IDR 3.500 saja, sudah termasuk asuransi.

Dan..

Sekarang sudah siap masuk ke komplek. Jangan lupamm dibaca dulu rulesnya ..

Let’g go! Let’s get in!!

Saya menyimpulkan ada 3 bagian dalam komplek candi ini.. hahaha.. udah kayak apa.. lancang membagi dalam tiga bagian. Tapi memang maksudnya untuk memudahkan dalam menjelaskan saja ..

Bagian Pertama, Bagian Puing Candi

Ketika masuk ke komplek candi dan melihat ke sebelah Kiri akan ada komplek puing-puing bebatuan. Bisa dilihat dalam gambar yah..

Dan dari arah sisi puing-puing ini.. kamu bisa mengambil gambar dengan latar belakang Candi Mendut. bahkan di antara puing-puing pun menjadi spot foto yang cantik..

Bagian kedua yaitu bagian utama : Candi Mendut

Candi mendut dengan bangunan utuh dari pintu depan tidak saya ambil.. hihi… Entah kenapa. Mungkin lupa.. terlalu mengagumi sampai lupa ambil gambar 😂

Cuma foto ini ajah…

Yuk .. masuk ke dalam! Ada apa siihh di dalam.. udah kepanasan juga di luar terik sekali bro sist!

Masuk ke dalam ruangan utama Candi Mendut langsung maknyesss.. kenapa begitu? Beneran dingin sejuk sekali! Padahal di luar itu terik.. dan ini ruangan kecil.. tapi kok adem ya.. enak.. berasa gak pengen keluar .. kalo bukan karena gantian sama pengunjung lain hihihi…

Ada 3 arca buddha dalam ruangan. Dan yang paling mengagumkan adalah bentuk kubah atapnya. Uwowww banget! Monggo silakan dilihat :

Sudah paham ya kenapa saya mengagumi candi ini? Kubah atapnya itu mengerucut ke atasn dengan tatanan batu sedemikian rupa dan itu tidak runtuh loh! Takjubbb 😱

Bagian luar bangunan ini seperti apa dan bagaimana melihat sekeliling dari sini…?

Seperti ini loh..

Nah… Melihat ke sisi lain… Ada nih bagian ketiga yang wajib dikunjungi juga.. yaitu pohon raksasa ini.. pohon kalpataru.

Bagian ketiga .. Pohon Kalpataru.

Setiap candi buddha .. pasti ada pohon kalpataru yang memiliki filosofi yang bagus banget.

*****

Nah.. itu tadi sedikit cerita dari Sopiah yang main-main ke Candi Mendut, guys! Semoga menginspirasi kalian untuk datang berkunjung juga yah…

Sampai ketemu di blogpost berikutnya!

Salam,

Sofia S Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *