Uncategorized

Dalam Sebuah "Kebetulan", Ada "Do'a" yang dikabulkan


Hallo, Teman-teman! November sudah di depan mata… yippiieeee! Mengawali bulan kesayangan (selain Ramadhan dan Syawal), kepengen sharing tentang pendapat pribadi sekaligus pengalaman pribadi nih… 💕 

Kamu pernah gak suatu hari mengalami hal yang akhirnya disebut dengan “kebetulan” lalu setelah dipikir-pikir.. rasa-rasanya pernah berdoa kenceng banget khusyuk banget tentang itu dan udah agak lama sampai udah hampir lupa pernah berharap doa itu terkabul…? Atau pernah juga baru banget doain .. ngebatin.. tahu-tahu beberapa jam kemudian terkabul…? 

Well… pasti diantara kalian pernah mengalaminya. Saya yakin! Saya yakin! 👻 

Ada pepatah mengatakan “Tidak ada yang kebetulan di dunia” dan menurut saya : that’s so TRUE! Sebagai umat  beragama, tentu kita mengenal adanya Tuhan. Saya muslim dan dalam muslim kami mengenal Allah SWT. Dalam sholat 5 waktu dan sholat malam, tentunya banyak curhat kan. Baik itu curhat lamaaaaa atau curhat ngebut. Atau bahkan di saat-saat super hectic sering juga sesudah sholat cuma dzikir bentar, ucap syukur trus udah enggak banyak ngobrol. Hayo ngaku hayooo ngaku 😂 Saya mengaku kok 🙈 Maafin saya ya Allah.. 

eh tapi tapi tapi.. Segala doa itu tidak selalu terucap saat sesudah sholat lho! Sehari-hari saat berada dimana pun pasti juga terucap dalam hati kan, Contohnya.. lagi jalan-jalan liat cowok ganteng banget tau-tau mengucap “aamiin” .. hayo apa coba maksudnya? 😂 Doanya macem-macem itu.. antara semoga dapat jodoh seganteng ini.. atau semoga kelak punya anak laki-laki seganteng ini 😆 Atau ketika lihat mobil bagus dan rumah bagus, mengucap amin juga .. ya bagus kan.. semoga kelak bisa punya rejeki halal untuk memiliki semua itu dan jadi bermanfaat untuk banyak orang.. 👏 Apapun doanya, doakan yang baik-baik.. 

Kalau melihat pedagang asongan di pinggir jalan, kalo gak mau beli yaudah gak papa, at least tolong didoakan “laris manis ya Pak, semoga kebutuhan pokoknya terpenuhi” (aamiin) 🙏 Makin banyak yang doain .. InshaAllah makin didengar Allah SWT betul….? 😉

Nah.. apa hubungannya penggambaran di atas sama “kebetulan“? ADA DONK 😱

Tanpa sadar.. kamu itu akan banyak doa (dalam keseharian) yang jadi lupa karena doa sepintas atau bahkan iseng-iseng berhadiah.. Tanpa sadar.. kita juga lupa kalo Allah SWT itu Maha Mendengar.. Punya malaikat yang mencatat (gak cuma amal baik buruk lho tapi juga niat aja udah dicatat).. 

Saya pernah mengalami hal seru.. seperti ini.. (nggggg.. ini contoh aja ya.. bukan bermaksud mau pamer amal). Saya dapat kesempatan ikut sebuah seminar fashion sekitar 2 tahun lalu. For FREE. Alhamdulillaah. Kemudian, sepulang dari seminar, saat jalan keluar gedung saya melihat ada penjual makanan crepes yang dipikul. Dan isinya masih banyak.. Saya  berpikir untuk mampir namun tidak beli. Ngobrol sebentar tanya rumahnya dimana, jualan dari jam berapa, harganya  berapa…? Sambil saya menunggu jalanan agak lengang karena memang macet banget di area Tugu Tani. 

Saya menimang-nimang untuk beli tapi untuk apa? Nanti gak kemakan. Akhirnya saya bilang ke Bapak itu, “Pak, saya gak bisa beli karena takut nanti tidak kemakan. Tapi saya boleh bantu bapak tidak? Kebetulan saya ada rejeki lebih kemarin belum saya amalkan. Boleh?” Alhamdulillaah Bapak itu bilang boleh. Lalu saya kasih sejumlah uang. 

Bapak itu  bertanya, “Saya berterima kasih neng, neng mau saya doain apa?”

Saya cuma bilang, “Doain hari-hari saya dilancarkan  saja Pak. Terima kasih”

Kala itu waktu menunjukkan pukul 4.30 sore. Kebayang macetnya kan? Dan saya sedang tidak membawa kendaraan jadi bener-bener PR banget dah pulangnya. Tapi alhamdulillaaah berkah banget begitu keluar ke jalan raya, saya langsung dapat Taxi. Apakah ini efek dari bagi rejeki tadi..? Sepertinya… Mungkin… memang terkabul dilancarkan. 

Tidak berhenti di situ.. Sampai kantor, saya masih mengerjakan beberapa kerjaan yang tertunda karena saya seminar. Pas mau pulang, bos menghampiri dan kasih amplop, katanya “Sofi, ini tanda terima kasih karena minggu lalu kamu sudah bantuin proposal saya” 😱 alhamdulillaah 😂 beneran kayanya ini “ikhlas beramal maka dibalas berkali lipat” dan kebetulan pas akhir bulan jadi bisa langsung dibayarkan untuk uang sewa kamar kost saat itu. 

Ini sih sampai sekarang selalu teringat. Padahal kejadiannya udah lama buanget! Dan yang bikin gak akan lupa adalah Allah itu selalu kasih kesempatan kita untuk berbuat baik, termasuk berbagi rejeki
Saya tipikal orang yang gak bisa lepas dari HP, tapi entah kenapa sore itu saya masukkan HP dalam tas dan lebih memperhatikan sekitar sampai akhirnya saya melihat penjual crepes itu dan bisa lansung “bertindak”. Bukan kebetulan, menurut saya, karena dalam hati masing-masing pasti ada keinginan untuk diberi kesempatan beramal, betu? Tidak ada orang yang dalam hati berdoa “kasih saya kesempatan untuk jahat” 😂 iya kan….? 
Seharian penuh kebetulan 

Dan gak cuma itu.. Pengalaman lain baru banget kejadian kemarin (baru kemarin banget banget) saya baaaaanyak mengalami hal baik. 
Di antaranya.. saya mandi pagi sekali dan bersiap pergi mengingat kemarin hari senin dan saya ada beberapa appointment. Saya pergi ke spa dulu karena kepengen pijat refleksi, dan saya gak bikin janji dulu langsung datang. Air Cawan Spa itu dapat excelent flag dari Trip Advisor, jadi sering full, tapi pas saya datang pas ada yang cancel jadi saya bisa langsung masuk. Beruntung sekali kan? (kebetulan pertama

Saya rencana cuma mau pijat refleksi aja karena kalo pijat seluruh badan akan susah waktunya, ada janji lagi habis makan siang. Tapi ternyata.. Menu refleksi kaki itu ada bonus pijat leher, punggung dan kedua tangan 😱😂 (kebetulan kedua) ha .. ha .. ha.. ya happy banget lah kan.. omaigat, ya Allah, terima kasih 😂 Selesai refleksi jadi super seger! 

Habis refleksi selesai, trus pesan makan siang. Makanan datang, makan bareng terapis. Selesai makan, dikabari Cici kalo datengnya nanti jam3 an. Liat jam.. oke masih 2 jam lagi. Ngapain ya.. Akhirnya nanya terapis , “mbak.. ada kosong untuk rapihin rambut gak?” dan setelah dicek.. ternyata ada! Yeay!! 😍 Alhamdulillaah.. Langsung cuz beresin rambut.. (kebetulan ketiga).

Sesudah dijemput Cici, langsung cuz ke Gandaria City. Kami berencana untuk dinner dan nonton film. Sempet ngobrol kalo akan ada wacana ke Thailand bulan depan dan koper cabin rasanya warnanya pinky banget mau cari warna lain kalo ada yang murah. dan ternyata…

(kebetulan keempat) Polo lagi diskon gede dari 1.5juta jadi cuma 400.000 aja loh 😍 horeee.. langsung beli 2. karena kebetulan belom kasih kado Cici ultah jadi sekalian ajah kan .. kebetulan suka dan kebetulan perlu plus kebetulan murah .. cuzz (kebetulan kelima).

Trus kami menuju ke Bioskop, beli tiket Dokter Strange di IMAX. Dan Alhamdulillaah.. meskipun kami datang sudah sangat sore tapi kami masih dapat seat di atas. hohoho.. (kebetulan ke enam
trus kami turun untuk makan malam. Di Roppan. tadinya mau di QQ tapi trus decide ke Roppan aja. Kocak  banget. (Kebetulan ke tujuh) saya melihat Roppan udah  berubah wujud. Jadi lebih industrial.. ha ha ha.. jadi berasa gak beda jauh ama QQ la. hasik 😂 kemarin gak ngeh kalo Roppan begini.. 

Lalu.. ada lagi ni.. awal saya mau pesan Spicy Beef Ramen favorit saya..Tapi trus malah liat menu baru : Roppan Udon. Okelah coba itu. Dan … surprised! Kirain ini kuahnya bakalan cair biasa aja. ternyata pas dicicip itu kuahnya kental dan manis macam lao mie! Horeeee.. (kebetulan ke delapan) saya pas banget kepengen Lao Mie!! aaaaa.. I’m so happy!! 😍 

Lalu dengan perut kenyang dan perasaan happy, kami langsung naik ke Bioskop. Ke toilet, touch up. Halah guanjen bener.. kaya mau ketemu siapa. biasanya cuek aja 😂 ternyata.. gak lama menunggu pintu IMAX dibuka, saya melihat my ex  jalan menuju pintu. Jeng jeng 😂 ade ape. tengak tengok dulu.. malas kalo ada temen seganknya ternyata ngekor. Kebetulan cici ngajakin beli minuman jadi masih ada waktu untuk make sure. Setelah udah yakin dia sendiri, Sofi samperin 😅 Karena sebenernya ada urusan kerjaan yang mustinya berakhir baik jadi kurang baik. Jadi di sini ada 2 kebetulan yaitu (kebetulan ke sembilan) saat masuk parkiran tadi mendadak emang kebayang mobilnya dan ternyata ketemu gak sengaja dan nonton film yang sama. (kebetulan ke sepuluh) Allah kasih saya jalan untuk klarifikasi ke orang yan paling netral dan paling tau saya banget plus bisa kasih info kalo saya baik-baik saja meski sudah diperlakukan kurang baik sebelumnya. Terima kasih ya Allah.. ikhlas itu nyata bayarannya! Begitu pula berbesar hati untuk menyapa orang yang setahun terakhir saya jauhi. Super lega rasanya 🙂 

Seharian dapat Sepuluh Kebetulan? Itu jelas bukan sebuah kebetulan tanpa sengaja  belaka. Saya percaya di sana ada tangan Allah yang mengabulkan doa saya di saat yang paling tepat. Saat yang paling tepat itu luas artinya.. Bisa jadi cepat bisa jadi lambat, bisa jadi 5 menit kemudian dijawab .. atau bahkan setahun kemudian baru dijawab. Itu semua terjadi dalam sehari kemarin pada saya. 

Jadi.. Intinya.. bersabar dan ikhlaslah ketika meminta sesuatu. Jangan terburu-buru. Karena kalau dikabulkan di saat kamu butuh, bukan di saat kamu mau, itu efek dan manfaatnya akan jauh lebih  besar. Trust me 😉 (percaya aja ya gausah percaya banget sampe meyakini 😂 tar jadi musyrik! karena keyakinan itu hanya Kepada Tuhan) ..

Sedikit sharing yang berbeda dari biasanya kali ini, sudah selesai. Sampai ketemu di blog post selanjutnya.. Tetep semangat yah 😘😘 


Love and Cheers,

Sofia Dewi

instagram | twitter | FB : Sofia Dewi

3 thoughts on “Dalam Sebuah "Kebetulan", Ada "Do'a" yang dikabulkan

    1. nah iyaaaa kaaan iyaaa kaaaaan.. kita gak selalu bisa belanja di mereka karena banyak faktor laaa. misal uang ada tp ga bawa kendaraan trus kalo mau pergi mau gimana? dibawa bawa aja ? ga mungkin juga… mau kasi uang juga gak selalu diterima karena mereka bukan pengemis… semangat ka cum! berbuat baik itu bisa dari hati jugaaaaa

  1. Aku juga sering ngeh kalau kemudahan demi kemudahan yg berupa kebetulan kaya gini. Jadi makin memicu jangan pernah meremehkan kekuatan doa ya, soalnya kita ngga pernah tau doa dari siapa yg akan mustajab hehe ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *