BLOGGER PEREMPUAN · EDUKASI · HEALTH · KESEHATAN · LIFESTYLE

Yuk! Kenali Dengan Baik Komposisi Minuman Kemasan Favoritmu! #HydrationTalk

 

Hai! Masing-masing dari kita tentu punya minuman kemasan favorit kan ? Mulai dari air mineral, minuman berasa maupun minuman isotonik, pasti sering menemani hari-harimu. Yaaa   kan .. ? Nah .. sudah yakin belum dengan komposisi yang terkandung   di dalam minuman kemasan itu ? Yakin kandungan nya aman untuk tubuh .. ? Tulisanku kali ini akan membahas sedikit lebih detail tentang #HydrationTalk .. menjurus ke pola konsumsi yang berdasarkan lifestyle .. Asik nih, ada hubungannya sama ilmu psikologi yang pernah dipelajari saat kuliah … yaitu Perilaku Konsumen. Yuk … kita kenalan lebih dekat dengan minuman dan snack kemasan yang sehat dengan tepat 😉 Baca sampai selesai ya !

Pentingnya Membiasakan Minum Yang Lebih Sehat

Diundang ke event Hydration Talk oleh Danone melalui Blogger Perempuan tentu merupakan undangan yang tidak boleh dilewatkan! Mendengar judulnya “Hydration Talk” saja sudah lebih dari cukup untuk membuat saya tertarik datang. Gimana enggak, jaman sudah serba praktis dan beragam begini produknya, saya merasa terdorong untuk tahu lebih banyak mengenai cara yang terbaik dalam mengenal asupan cairan ke dalam tubuh, apalagi memasuki usia kepala 3, sudah banyak ini itu dalam tubuh ini pastinya.

Danone Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenali kebutuhan nutrisi minuman yang biasa dikonsumsi setiap hari. Kenyataan banyaknya anak stanting (kerdil) tentu cukup mengusik pemikiran kita semua, sungguh disayangkan bahwa penyebabnya adalah kekurangan gizi dan nutrisi yang masuk ke tubuh pada masa pertumbuhan dan perkembangan. Karenanya dalam rangka mendukung generasi yang lebih sehat dan produktif, negeri ini perlu untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap masalah kesehatan masyarakat. dokter Tria mewakili Danone Indonesia menyatakan keprihatinan sekaligus perhatian yang serius untuk ini.

Pernah dengar tentang Double Burden ? Istilah beban ganda ini sudah lama menjadi perbincangan karena dapat menimbulkan efek yang serius bagi psikologis maupun fisik seseorang dan jika tidak diberi perhatian akan menyebabkan peningkatan penyakit tidak menular seperti Penyakit Jantung dan Diabetes. Yang paling sederhana saja, pola makan dan minum yang tidak teratur terutama yang tidak dikontrol jumlah kalorinya dapat mengakibatkan kegemukan yang berlebihan, tentunya ini tidak sehat ya .. Perhatian yang mendalam dewasa ini, membuat Kementrian Kesehatan mengeluarkan sebuah panduan bertajuk “ISI PIRINGKU”.

ISI PIRINGKU

Panduang sederhana dari Kementrian Kesehatan yang diharapkan bisa memberikan pemahaman yang baik dari masyarakat karena sangat simple isinya, yaitu :

  • 2/3 porsi karbohidrat
  • 1/3 porsi protein dan lemak
  • 1/2 sayur dan buah

Makanan dan Minuman siap saji, YEAY or NAY?

Pertanyaan yang sulit dijawab jika melihat kondisi lifestyle dunia dewasa ini. Yang paling sederhana saja langsung pada kondisi kerja sehari-hari. Waktu yang terbatas dari satu agenda ke agenda yang lain membuat kita jadi lebih senang mengkonsumsi makanan dan minuman yang praktis. Fastfood dan minuman kemasan menjadi pilihan utama, selain murah, tentunya cepat didapat dan mudah dibawa. Tapi .. apakah kita semua yakin bahwa itu sehat ? sebagian besar mungkin menjawab : TIDAK YAKIN. Tapi … selain menjawab tidak yakin, apakah kita juga paham bahwa pernyataan TIDAK SEHAT itu tidak hanya sekedar tidak sehat namun juga membahayakan ?

Profesor Ujang Sumarwan, seorang Ahli Consumer Behavior dari Institut Pertanian Bogor menyatakan bahwa beragam masalah kesehatan di Indonesia di antaranya dipicu oleh ketidak-seimbangan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh yang bahkan mapu untuk memicu obesitas, diabetes II, bahkan keluhan fungsi ginjal dan jantung.

“Kita cenderung mengkonsumsi apa yang kita suka, bukan apa yang kita butuhkan”

Mak JLEB ya! Manjanya kita ini memang kebangetan heehehehe .. alasan badmood, mood booster atau alasan psikologis lainnya membuat kita jadi lupa diri dan mengesampingkan alasan kesehatan. “Ah sesekali ini … Ah biarlah, biar enggak kebawa bete seharian, perlu mood booster nih” dan lain sebagainya ..

 

Presentasi Dr Rimbawan

Sebagai Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, materi dari Dr Rimbawan cukup membuat kami semua takjub menerima kenyataan bahwa di dunia jaman now banyak banget hal mencengangkan seputar kesehatan tubuh terkait asupan gizi dan nutrisi.

 

 

 

Ternyata beneran lho .. ungkapan you are what you eat adalah benar adanya .. apa yang kita makanan mencerminkan diri kita . makanan sehat ah ? makanan jahat kah ? Semasa anak-anak hingga menginjak remaja, kita semua pasti sembarangan jajannya . ya kan …? Sebenarnya itu kurang baik, tapi siapa yang bisa melarang anak puber yang bergejolak jajan sana sini (halah :D) … sekarang ketika kita sudah mulai dewasa, tentu musti serba waspada dan hati-hati dalam mengatur asupan gizi dan nutrisi .. karena … metabolisme tubuh pun makin lama makin berkurang kinerjanya .. jadi musti menyayangi tubuh dengan lebih baik lagi …

Jajanan kemasan di supermarket, snack favorit kita, pernahkah bepikir bahwa kandungannya bisa membuat kita sehat namun juga bisa membuat kita berantakan? karenanya memang perlu sekali untuk melihat lebih dekat kandungan dan kompisisi setiap makanan maupun minuman kemasan yang kita konsumsi. Praktis dan enak sih iya … tapi .. apakah  yang kita sukai selalu baik untuk kita ..?

 

 

 

*****

Lumayan dapat pencerahan nih! banyak info yang didapat supaya kita makin aware dengan asupan nutrisi di badan kita terutama dan bisa menginfokan kepada orang-orang terdekat kita supaya lebih memperhatikan nutrisi.

 

Terima kasih sudah membaca sampai selesai, semoga bisa memberi pencerahan dan membuat kamu semua menjadi lebih memprhatikan kesehatan.

 

Sampai jumpa di blogpost berikutnya, thank you!

 

Salam,

Sofia S Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *