CULINARY · HOBBY · LIFESTYLE · TRAVELLING

[kuliner] Jangan Ngaku Doyan Pedes Kalau Belum Coba : Meun Buldak Myon! Mie Ceker Pedes a la Korea!

Di penghujung Januari 2017, sengaja menulis tentang makanan pedas yang minggu lalu saya cobain saat diundang untuk food testing di Drana Coffee – Jogja.

Kamu.. kamu kamu.. yang.. Ngaku doyan pedes?  Ngaku gak pernah sakit perut abis makan pedes? Ngaku gak keringetan makan pedes? Ngaku ketagihan sama rasa panas di lidah saat makan pedes?  Belum afdol kalo kamu belum cobain Mie Ceker Pedes a la korea ini.. namanya… Meun Buldakmyon (katanya si cara bacanya sama persis ama tulisannya. jadi gak usah kuatir salah sebut menu yes!)

Saya jarang sekali makan makanan korea. Meskipun suka nonton drakor (drama korea) biar bisa ketawa ngakak sama alur ceritanya. Kemarin, saya diundang untuk food testing di Drana Coffee di Jalan Palagan Jogja. Dateng dong ya… penasaran! Langsung dibuatin 2 macam mie pedes ini yaitu versi goreng dan versi kuah nya.. Jangan stop baca sampai selesai ya untuk tahu rasanya!

*********

MIE CEKER PEDES  ALA KOREA 

kiri : mie goreng | kanan : mie kuah

 

Sejujurnya pas saya googling “apa itu meun buldakmyon” yang keluar banyak banget dan tulisannya macem-macem. Tapi baiklah.. ada juga yang ketangkap di kepala 😂 Karena ternyata mie dalam bahasa korea itu bisa ditulis myeon , myun, myon .. Nah kalau buldak ? Buldak itu sebutan untuk masakan pedas dengan bahan dasar ayam di korea.

Jadi kalau Meun Buldak Myon ? maksudnya apa ya…. ? Saya sebut gampangnya : Mie Pedes Ceker a la Korea . Setuju ya? hihihi..

*********

MIE KUAH


Saya suka banget sama mie kuah! Apalagi yang spicy dan bumbunya terasa. Makanya gak busa nolak sama ramen dan ramyun ataupun mie instant kuah .. basicnya.. anaknya mau an sama makanan  berkuah pedes manis!

Meun Buldak Myon Kuah ini  begitu sampai di meja udah langsung bikin kedip kedip,gak sabar mau cobain! Apalagi ada 5pcs ceker ayam yang memerah ditaburi irisan bawang bombay. yum! Lesgo lah kita makan!

Kuahnya.. waw! Cetar!! Manis asam asin dan pedasnya PAS BANGET!! Mie nya pas! Tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras! Cekernya juga empuk (meski gak seempuk dimsum sih) tapi okelah….

kesimpulan:

Mie kuah ceker pedes IDR 40.000. okelah..

Mie ini pedes banget. BAAAAANGEEETTT ! overall saya kasih nilai 8.. Porsinya banyak banget!! dimakan  berdua juga bisa ini sih..

*********

MIE GORENG


Meun Buldak Myon versi goreng ini terlihat lebih lite. Lebih ringan rasanya, padahal banyaknya sama sih. Tapi… LEBIH PEDES! Iya.. mungkin karena  goreng tanpa kuah ya jadinya lebih terasa bumbu dan pedasnya.

Pas makan mie nya pasti lebih nyaman karwna tanpa kuah jadi gak perlu khawatir ada yang nyiprat ke kanan dan ke kiri atau bahkan masuk ke mata 😂 pedes men.. bisa nangis ntar! Kelebihan mie goreng adalah… kekenyalan mie lebih bisa dirasakan karena bisa langsung masuk ke mulut dengan sangat lancar.

kesimpulan:

Sama-sama memakai topping 5 ceker ayam dan bawang bombay. harganya IDR 35.000 (lebih murah dari yang kuah nih). Kasih nilai 7! karena saya lebih suka yang kuah hihihi..

 

*********

LEVEL PEDAS

Level kepedasannya bisa direquest, tapi jangan minta yang gak pedas kareana nanti menu ini jadi perlu ganti nama gak pake buldak hahaha.. Saya sarankan untuk memesan yang kuah saja karena meski level pedesnya sama tapi itu lebih low jadinya karena pakai kuah.

Dan kalo lagi meriang.. saya pasti cocok sama mie kuahnya. Disajikan panas-panas, pedes, keringetan.. sembuh… :))

*********

 

DRANA COFFEE

colokan : ada

wifi : ada

harga : terjangkau

smoking area : ada

alamat : Jl Palagan 81 Jogja (warnanya putih. 200m kanan jalan sesudah Indoluxe hotel)

waktu  buka : 24 jam (tapi tidak semua menu tersedia 24 jam ya)

instagram : @dranacoffee

Terima kasih sudah membaca sampai selesai.. Yuk buruan cobain buat kamu yang  ngaku berani sama pedes 😉 paaassstiii ketagihan! Selamat mencoba ya!

Salam,

Sofia Sari Dewi

instagram | twitter | facebook

7 thoughts on “[kuliner] Jangan Ngaku Doyan Pedes Kalau Belum Coba : Meun Buldak Myon! Mie Ceker Pedes a la Korea!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *