HOBBY · MY COLLECTION

Komik KUNG FU BOY jilid 1-37 oleh Takeshi Maekawa



Hai! Dalam rangka libur.. lagi beberes koleksi komik nih.. Siapa yang hobi banget baca komik? buku cerita bergambar ini selalu saya suka sejak saya masih SD. Kung Fu Boy ini saya kenal ketika saya berumur 9tahun. Ketika itu, kakak saya membawa pulang beberapa komik yang dia pinjam dari teman sekolahnya.

Kung Fu Boy ini terdiri dari 37 jilid. Dicetak tahun 1991 oleh PT Elex Media Komputindo. Karya : Takeshi Maekawa. detailnya sbb:


Pada suatu hari di Provinsi Shisen – Cina.. ada sebuah legenda.. “Jago Kung Fu yang kelak menyempurnakan Kung Fu Dairin dan akan muncul setelah 100 tahun Kuil Dairin berdiri. Tangannya sekeras baja dan kakinya mampu menghancurkan batu, berotak jenius dan bermata elang. bertempat tinggal di mata air Chiko yang terletak di sebelah barat. Dan memiliki tanda berupa tahi lalat di keningnya.

Pak Tua, seorang utusan dari kuil Dairin sedang mencari orang dengan gambaran tersebut. Dan melihat Chinmi. Saya juga takjub sama anak ini hahaha anak kecil yatim piatu membantu kakak perempuannya menjalankan rumah makan di perbatasan. Memotong kayu untuk bahan bakar, membuat sumpit dan mengambil air dari pegunungan dengan menggunakan teknik tertentu. Namun tidak ada tahi lalat di keningnya sampai akhirnya ada perkelahian dan alis chinmi terkikis sampai tahi lalatnya terlihat. Tersembunyi di balik alis.

Chinmi dibawa ke Kuil Dairin dan diajari banyak sekali kung fu. Lalu setelah lulus dari ujian khusus kuil dairin, Chinmi dikirim ke Gunung Kenreiho. Untuk berlatih sama tenshi bernama Tendo. Lalu berlatih ilmu tongkat bersama Sie Fan dan Guru Sosu. Lalu dikirim belajar kungfu kepada Guru Yosen dan akhirnya menguasai Kung Fu Peremuk Tulang, dan menyaksikan wafatnya Guru Yosen. Lalu karena sedih berkepanjangan, Chinmi minta ijin untuk berkelana. Berjumpa dengan banyak pendekar dan belajar banyak hal.

Chinmi dipaksa untuk pulang saat mendengar Biksu Ketua sakit berat. Namun ketika sampai di Kuil Dairin ternyata saat itu sudah dibajak salah satu senior yang dijaga oleh 2 harimau. Chinmi menyusup ke kamar dimana Biksu Ketua disandera dan Pak Tua memberinya sebuah kitab jurus tertinggi Kuil Dairin, kitab rahasia, yang juga pernah dipelajari Guru Yosen yaitu Kung Fu Dewa Petir yang mematikan. Dan Chinmi berhasil menang dan membebaskan Kuil Dairin.

Beberapa waktu berlalu dan Chinmi diangkat menjadi guru. Tadinya tidak mau karena merasa belum mampu mengajar. Tapi kemudian karena Guru Ketua Kuil Dairin mengatakan bahwa menjadi pengajar adalah salah satu pelajaran baru untuk Chinmi, akhirnya dia setuju untuk mengajar. Dan mendapat 7 murid yang cerdas.

Dalam perjalanannya.. Chinmi dan muridnya mendapat tugas untuk melindungi kota  Nazil dari ancaman suku nomaden yang sudah menaklukkan beberapa kota yang lain.

Chinmi ini memang sangat jenius. Dalam setiap belajar jurus batu ataupun dalam pertarungan selalu berpikir keras dan memperkirakan keadaan. Dapat membaca situasi dengan baik dan menangkap kesempatan dalam kesempitan. Dia juga memiliki tubuh yang tahan banting dan cepat pulih ketika terluka.

Tiba suatu saat Chinmi mendapat undangan dari Panglima Perang Kerajaan juga oleh Kaisar. Kemudian setelah sampai di Ibukota memanglah selama ini Chinmi hanya keliling di pinggiran jadi tidak pernah melihat bangunan luas dan besar. Saat datang ke ibu kota sudah sepakat dengan Go Kong (monyetnya) untuk menjadikan hari itu sebagai hari tercengang sedunia, hihi, kocak deh!

Begitu sampai istana, Chinmi dikerjain oleh kaisar dan mendapat serangan mendadak dari kaisar yang menyamar.

Chinmi kemudian mendapat titah untuk mengikuti kejuaraan Kung Fu Kerajaan yang diadakan setiap tahun dan di sana bertemu banyak pendekar. Di antaranya yang kemudian menjadi akrab sekali dengannya : Tantan, Siba dan Sie Fan.

Saat itu, Kaisar terancam dibunuh oleh seorang dokter ahli jarum yang dendam padanya. Dokter itu menghipnotis Sie Fan dan menjadikannya boneka untuk memenangkan turnamen itu karena hanya pemenangnya yang dapat mendekati Kaisar tanpa halangan. Chinmi mati-matian mencegahnya dengan bantuan Tan-Tan dan gurunya serta Siba. Akhirnya final dihadapi Chinmi dengan bertarung dengan Sie Fan. Chinmi menang dan bisa menyelamatkan kaisar.

Ceritaku tentang Kung Fu Boy seri 1 ini singkat saja. Tapi yang pasti 1-37 jilid ini semua memiliki nilai moral dan pelajaran kehidupan yang banyak sekali. Seneng bacanya.

Komik ini sekarang cukup langka namun banyak juga beberapa pihak yang menjual komik 2nd dengan kondisi bermacam-macam. selamat berburu ya!

0 thoughts on “Komik KUNG FU BOY jilid 1-37 oleh Takeshi Maekawa

    1. hallo! makasih udah mampir.. yup masih punya nih Juna.. lengkap kungfu boy I dan II.. kalo berminat yuk langsung line atau email yah ada di page “hi, saya sofia dewi!” … have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *