FASHION · LIFESTYLE

Meningkatkan Fanatisme Dalam Negeri terhadap 100% Produk Kreatif Asli Indonesia di Galeri Indonesia – Blibli.com

“Indonesia bagaikan perpustakaan raksasa yang berisi beragam budaya dari Sabang sampai Merauke. Harus dilestarikan dan didukung supaya tetap eksis di bumi Nusantara”

Itu adalah quote saya yang tidak bosan-bosan saya ucapkan setiap saya diajak berdiskusi tentang Indonesia, terutama tentang potensi ekonominya. Kekayaan kain dan potensi alamnya tidak akan habis untuk dibuat menjadi produk fashion yang tak kalah ‘asik’ dengan produk import.

Masyarakat Indonesia juga memiliki sifat ulet, rajin dan kreatif yang luar biasa, jadi bukan tidak mungkin kalau produk buatan Indonesia akan menjadi raja di negeri sendiri suatu saat nanti.

*********

FANATISME DALAM NEGERI TERHADAP 100% PRODUK KREATIF ASLI INDONESIA

Jujur, saya merasa miris ketika masih banyak masyarakat beranggapan bahwa mengenakan produk import untuk gaya sehari-hari adalah keren. Belum gaul kalau belum memakai produk buatan luar negeri terutama Eropa dan Amerika.

Saya sangat menyukai kain Indonesia, terutama batik. Saya punya banyak koleksi baju batik, dari yang klasik Jogja dan Solo sampai Cirebonan dan Lasem. Tapi ketika saya pakai di hari selasa atau rabu, pasti ada yang komen “bukan hari jumat kenapa pakai batik? nanti malam ada undangan resepsi atau bagaimana?” twew! wew! ha ha ha..

Tidak hanya itu, saya juga suka sekali dengan kebaya modern yang dibuat untuk busana sehari-hari.
Ketika saya pakai (fyi, saya domisili di Yogyakarta), ada yang komen, “Sof, perasaan bukan kamis pahing lho ini, kok kebayaan?” Di Yogyakarta ada yang seru setiap kamis pahing lho! Di sepanjang jalan semua orang akan pakai baju daerah jogja, bahkan sampai ke tukang parkir dan pedagang di pasar, juga siswa sekolah dan guru. Seru sekali lho!

Sebenarnya.. yang ditekankan untuk fanatisme terhadap produk dalam negeri tentunya bukan hanya yang berbau etnik dan bersifat budaya. Tetapi juga 100% produk kreatif asli Indonesia!

Pemerintah, di Era Presiden Jokowi sudah menggenjot laju roda ekonomi kreatif terutama dengan adanya Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Presiden beserta jajarannya memahami betul seberapa besar potensi negeri ini yang belum tergali dengan baik. Juga belum diasah lagi untuk meningkatkan value dari setiap produk yang dihasilkan oleh perajin daerah.

Pemerintah paham betul bahwa kontribusi sektor Ekonomi Kreatif cukup besar yaitu 11%. Dimana fashion, kuliner, pariwisata dan musik ada di dalamnya. (agribisnis.co.id)

Karenanya pada 2016 ada upaya dari pemerintah melalui BeKraf Indonesia melalui program IKKON 2016 untuk mengirimkan 5 kelompok desainer untuk live in di 5 daerah berpotensi di Indonesia. Saya salah satunya, kebagian lokasi di Ngada. 4 daerah lain adalah Sawahlunto, Brebes, Pesawaran Lampung dan Rembang. Hasil karya masyarakat di kelima daerah tersebut luar biasa keaneka ragaman dan idenya! Mulai dari fashion, furniture sampai kerajinan tangan!

Langsung terjun ke lapangan membuat saya semakin sadar bahwa Indonesia itu sungguh kaya akan pengetahuan dan kekayaan budaya juga alam.. Jadi betul-betul menjadi PR kita semua untuk bisa lebih peka menggali informasi dan membagikannya ke seluruh Nusantara bahwa kita punya semuanya! Tidak kalah dengan bangsa barat yang selalu dipuja-puja karyanya itu!

Masyarakat mungkin belum banyak yang menyadari kualitas dari karya anak bangsa. Harga bersaing dengan produk impor namun kualitas juga gak kalah! Desain dan kehalusan pengerjaan patut diacungi jempol!

Cara penjualannya pun sudah mulai memasuki kancah nasional dan menjadi semakin mudah dengan adanya situs belanja online. Salah satu keunggulan berbelanja di situa belanja online adalah praktis. Salah satu toko online terpercaya yang banyak menjual produk dalam negeri di Indonesia adalah Blibli.com yaitu di Galeri Indonesia .

********

GALERI INDONESIA – BLIBLI.COM


Galeri Indonesia ini merupakan sebuah sub-kategori terbaru di situs belanja online Blibli.com yang diperuntukkan  bagi UKM-UKM atau pengusaha kecil di seluruh Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Blibli.com, sebagai salah satu pioner toko online Indonesia, telah menjalin kerja sama dengan MarkPlus Inc. dan SMESCO (yaitu : Small dan Medium Enterprises dan Coorperatives) untuk menjaring UKM-UKM yang potensial di seluruh negeri. Suatu kebanggaan tersendiri memiliki wadah khusus bagi produk lokal.

Tabel di atas adalah data terakhir yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2013. Terbaca bahwa jumlah UMKM ada hampir 58juta unit dan bisa dilihat lebih lanjut omset dan jumlah tenaga kerja yang diserap oleh industri kreatif Indonesia ini.

Tidak heran event-event kreatif seperti pameran UKM berskala nasional selalu waiting list! Sebutlah INACRAFT maupun CRAFINA, keduanya tidak pernah sepi pengunjung bahkan tenant pun antri rapi untuk ikut serta dari tahun ke tahun.

SMESCO sendiri memiliki showroom di gedung SMESCO yang ada di Jalan Gatot Soebroto – Jakarta. Beragam  Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia ada di sana. Tidak perlu dirgukan lag bagaimana kualitas produknya. Bahkan tim Quality Control dari Blibli.com pun tidak akan luput dari kualitas terbaik untuk pelayanan kepada konsumennya.

(sumber BPS 2013)

Melihat pertumbuhan yang sangat pesat, UKM mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi tanah air. Menurut data yang saya baca di Tempo, pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia menurut Deputi Riset dan Edukasi Bekraf (berita dimuat pada bulan Maret 2016) omset sudah mencapai 642 T per tahun. Dengan serapan tenaga kerja jutaan orang! Fantastis! Bukan tidak mungkin nantinya TKI yang bekerja di luar negeri bisa mencari rejeki di negeri sendiri jika kondisi ini semakin baik dari waktu ke waktu.

********

INTERNET SEBAGAI MODA PEMASARAN DAN TEMPAT JUAL BELI

Di era modern dewasa ini, internet sudah menjadi makanan sehari-hari. Mulai dari broadcasting, pendidikan, sampai ke penjualan. Karenanya pemasaran melalui media digital sangatlah disarankan bahkan sudah wajib hukumnya di 5 tahun terakhir. Dari sini lahirlah situs belanja online. Foto produk mudah diakses dari mana saja dan sudah diantar sampai depan pintu rumah dengan pembayaran via bank transfer.

Namun sayangnya, masih banyak UKM atau pengusaha kecil yang belum menyasar  teknologi internet untuk memasarkan produknya. Berbanding terbalik dengan target pasar yang sudah melek teknologi dan gamiliar dengan internet.

Menurut grafik dari BPS , peningkatan pengguna internet dari tahun ke tahun selalu meningkat. Tabel di atas menjadi buktinya, satuan angkanya dalam juta orang. Amazing Dan kita semua menjadi bagian dari itu.

Oleh karena itulah, Blibli.com membuat Galeri Indonesia bagi para UKM seluruh negeri agar dapat memasarkan produk-produknya secara lebih maksimal . Selain itu juga supaya para pecinta produk kreatif asli Indonesia mudah untuk menemukan produk yang dicarinya. Galeri Indonesia dari Blibli.com menyediakan ribuan produk kreatif 100% Indonesia yang Mendunia dari berbagai macam brand lokal dari berbagai kategori.

Ada 9 sub-sub kategori Galeri Indonesia yang bisa kita temui di Blibli.com. Antara lain :

(1) Galeri Batik Indonesia



(2) Galeri Buku & Musik Indonesia



(3) Galeri Kriya Indonesia


(4) Galeri Kuliner Lokal Indonesia


(5)Galeri Local Brands Indonesia



(6) Galeri Pakaian Muslim Indonesia



(7) Galeri Produk Kecantikan



(8) Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia


(9)  Galeri Workshop




*********

MOBILE APPS BLIBLI.COM

Menyasar masyarakat modern dengan mobilitas tinggi, tentu Blibli.com tidak mau mengambil resiko gagal berjualan karena calon pembeli susah membuka laptop. Sudah ada aplikasi untuk mobile phone langsung ada 3 yaitu : App Store, Google Play dan Microsoft.

Tampilan App Store: (ios)


Tampilan Google Play: (android)

Adanya mobile apps akan memudahkan kamu untuk hunting keperluan kamu, tentunya produk Indonesia, di #BliBliGaleriIndonesia .

*********

BLIBLI.COM SELLER APP

Tidak hanya memudahkan pembeli sebagai member untuk mengakses BliBli.com mobile app via handphone, Pedagang / brand juga bisa mengatur produknya via mobile app.

BELANJA DI BLIBLI.COM

Untuk bisa belanja produk keren dalam negeri di Blibli.com kamu harus daftar terlebih dahulu. Dengan jadi member baru kamu akan dapat 2500 free points. Menyenangkan  bukan?


Lalu kamu bisa langsung berbelanja, termasuk dengan bonus point tersebut! Gambar di atas adalah tampilan desktop yang akan kamu temukan setelah mendaftar jadi member Blibli.com.

Blibli.com memberikan edukasi lebih dari sekedar berbelanja. Karena ada Galeri workshop, Galeri Buku & Musik Indonesia, dan Galeri Tiket&Travel Lokal Indonesia. 3 Galeri tersebut menarik perhatian saya karena ini berarti Blibli.com sudah bisa disebut one stop shopping buat 100% produk Indonesia yang mendunia! Tidak hanya urusan jual beli barang, tapi juga workshop yang bisa menambah ilmu, ada buku dan musik (bahkan sampai ke merchandise band idola) dan penjualan paket travel yang mudah diakses detailnya.

Sebagai salah satu pelopor ecommerce di Indonesia, Blibli.com memiliki tampilan yang ringan dan mudah diakses. Aplikasi maupun tampilan mobile web Blibli.com tidak berat dibuka dari perangkat mobile phone. Jadi jangan khawatir, kamu bisa berbelanja dengan nyaman, mudah dan menyenangkan! Selain itu, ada banyak promo yang ditawarkan setiap hari, seperti Cicilan 0% untuk semua produk dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.

Tidak perlu ragu berbelanja di blibli.com karena khawatir terjadi penipuan saat check out dan melakukan payment. Kenapa? karena Blibli.com memberikan pilihan metode pembayaran yang variatif dan mampu memberikan solusi yang aman, yaitu dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System. 

Blibli.com sungguh akan menjadi One Stop Shopping Ecommerce yang siap menyediakan produk unggulan untuk kalian semua.

Nah, teman-teman .. Jangan pernah lupa akan kekayaan Indonesia ya, teman-teman! Cintai produk-produk lokal, pakai produk buatan dalam negeri, kalau bukan kita yang mendukung bangsa sendiri… siapa lagi? 😉

Sebelum menutup tulisan ini, Sofi mau berbagi info juga kalo Blibli.com lagi bagi-bagi hadiah .. temukan detailnya di instagram @bliblidotcom dan simak video berikut:

dan kalian semua dapat salam dari Blibli.com yang sudah siap menjadi lebih baik lagi di tahun 2017😉👏

Terima kasih sudah membaca tulisan saya sampai selesai. Terima kasih juga Blibli.com yang sudah membuat Galeri Indonesia dengan kesembilan kategori yang luar biasa, semoga semakin memajukan dan memotivasi industri kreatif Indonesia menjadi lebih baik lagi dari sekarang. Bersama-sama kita tingkatkan fanatisme dalam negeri terhadap produk lokal. Jadi raja di negeri sendiri! Jaya terus, Indonesia!

Salam,

Sofia Sari Dewi

Image : Blibli.com dan BPS website | Video : instagram @bliblidotcom | Tema : Dapatkan Produk Kreatif Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

47 thoughts on “Meningkatkan Fanatisme Dalam Negeri terhadap 100% Produk Kreatif Asli Indonesia di Galeri Indonesia – Blibli.com

  1. Aku juga suka banget sama batik. Pertama jatuh cinta sama motifnya, lama2 makin kenal dg batik dg belajar tiap proses batik dr mulai desain motif, gambar di kain, gambar dg lilin, pewarnaan, sampai mengubah kain jd baju yg nyaman dan seru. Daribkegemaran ini aku akhirnya memberanikan diri utk bikin brand pakaian jadi yg bahan dasarnya batik. Post nya mbak sofie berguna banget. Aku mau perluas pemasaran dg gabung galeri brand lokalnya blibli nih.

    1. hallo gelintang terima kasih sudah mampir.. ahh senengnyaaa mulai banyak pengusaha muda makin beragam! ayo ayooo masukkan ke blibli.com .. aku juga belom masukin koleksiku.. semangat-semangat!! maju bareng-bareng !! semoga rejeki terbuka lebar di 2017 yah’ aamiinn

  2. Wahh sekarang ada Galeri Indonesia. Baru ya? Seneng deh. Sekarang orang jd makin mudah utk beli batik.
    Semoga makin banyak org yg mencintai batik cap dan batik tulis, bukan batik printing ya.

  3. Wah!! Baru tau ada galeri Indonesia!! Udah gitu bajunya gak ssmua batik.. Ada yg universal juga. Trus ada paket travel. Wah wah… Appsnya kece juga ada yg buat seller. Jd ga perlu ribet buka admin panel bla bla bla itulah ya sis.. Tulisannya bagus dan lengkap! Thanks for sharing! Semoga menang lombanya yahh ..

    1. pagi! makasi udh mampir yahh kak cicip.. iya ini galeri Indonesia seru bingiittt.. akupun hepi menjelajah di sana. ayo selamat berbelanja yahhh.. makasi doanya .. semoga menang amin amin amin.. have a good daaay

  4. Jujur, aku seneng bgd waktu tau ada kabr ini mbk, ada galeri indonesia di blibli.com , seneng, slh satunya yaitu krna kalok pgn2 produk2 dr daerah lain, tinggal beli di blibli.com,memudahkan bgd.
    iya kan mbk ? 🙂

    1. selamat pagiii inda.. makasii udh mampir… me too!! akupun senang luar biasa terutama bagian baju batik ama travellingnya hihi.. udh gitu kalo belanja free ongkir lho!! memudahkan banget betul betul betullll… marimari belanjaaa..

  5. Hallo salam kenal! Saya juga pecinta batik.. Karenanya akhirny bergelut dengan batik clutch. Tulisannya menginspirasi banget.. Jadi pengen masukin produk ke blibli.com hihi.. Semoga produk Indonesia bisa jd tuan rumah di negeri sendiri! Judulnya keren mbak! Fanatisme dalam negeri.. Itu memang harus dipupuk dari skrg!! Kalo bukan kita siapa lagi?? Nice words! Semoga menang.. Good luck! GOD SPEED!

    1. hai Kinta. thanks udah mampir.. wahhh semoga lancar bisnisnya. dijual dimana aja skrg? mau linknya dong mau liat koleksinya.. ayo masukkan ke blibli.com ! hehehe iya aku pengen bgt bikin judul itu sejak lama dan pas banget ini bisa dituliskan di sini sekalian. semoga ya segera tercipta fanatisme dalam negeri. aamiin!! amin menang! makasiiii..

  6. Hallo Lucky makasi udah mampirrr.. iyaa ni lagi banyak diskon di blibli.com hihihi.. aamiin aamiinn semoga .. makasi makasi makasii seneng banget dibilang lengkaaap.. hehe tq so muchh!!

  7. Batik, main khas daerah memang mempesona. Karena menjadi ciri khas dan kebanggaan negeri. Dan zaman sekarang orang2 mulai pada aware mengoleksi dan memakainya. Pencanangan Hari Batik Nasional dan Jumat para pegawai Kantor diminta untuk memakai Batik cukup membantu meninhkatkan antusiasme memakai Batik. Semoga tetap lestari ya. Btw boleh dicoba tuh belanja Batik di Blibli.com tampak menarik

    1. selamat pagi! makasi udah mampir.. bener.. adanya hari batik nasional sama make batik tiap jumat atau bahkan di jakarta kan pegawai trans jakarta pake baju betawi ya kalo ga salah tiap senin? kayak kalo di jogja kamispahing sebulan sekali pakai baju daerah itu juga kece bangetttt banget! … amin semoga tetap lestari! yuk cuuuuzzzz belanja di bibli.com

  8. Salut buat bibli yg mengusung batik dengan super keren dan promosinya ctar banget. Aku juga suka batik, yg unik2. wajib bangga dengan budaya negeri sendiri ya Mbak, kalo bukan kita, sopo lagi ya?
    btw dari yk Mbak? 15 th aku bergulat di Yk. salam buat Yk.
    Salam kenal ya 🙂

    1. mbak wahyu makasi bgt udh mampir. emangg banget ni blibli.com keren mana banyak promo dan free ongkir juga hadiah hadiah hahahaa aduhh bakalan susah move on dr ecommerce satu ini!! wahhh iyah ini di yk. hayok dong berjumpaaa.. biar bs ngobrolin batik hihihi

  9. Suka dengan yang khas-khas daerah seperti itu. Cuma terkadang harganya lumayan yak, karena mungkin diproduksi manual alias hand made yak.

    Saya jadi penasarab dengan tiap hari Kamis Pahingnya … seru juga kayaknya. Kalau ke Jogja kayaknya harus nyocokin nih ke Kamis Pahing…xixi.

  10. Batik bagiku yang seorang guru mah sudah biasa. Malah bangga kalau tiap hari pakai batik. Bahkan batik itu identik sama guru ya. Wkwkwkwk.
    Senangnya diriku sekarang banyak banget ya penjual batik di luar sana. Bahkan online shop macam Blibli nggak ketinggalan. Jadi, kalau mau gonta ganti batik nggak bingung lagi mau beli di mana atau bahkan bingung mau jahit di mana. Karena sekarang tukang jahit makin langka di sini.

  11. Ahhhh selalu suka sama style nya sofie yg bisa maduin modern n tradisional tanpa terkesan maksa <3
    Btw menarik juga ya skrng ada galeri indonesia di blibli.com, keren bgt karena mau khusus bikin buat ukm dan pastinya bikin yg mau belanja produk2 asli indonesia makin gampang! Tar mo coba mampir2 ahhh..thanks sofie for the info :*

    1. hai ola.. makacii udah mampir hihihi tq testimoninya aduh blushing hahahha… iyah sama sama ayo mampi2.. ini ada travelnya juga loh.. kalik mau rencanain honemoon keliling Indonesia nanti hihihihii.. cheers

  12. Waah aku baru banget tau kalo di situs jual beli online blibli.com ada ruang khusus untuk menghargai dan mewadahi penjualan produk2 ekraf nuansa lokal.. kereenn . Pengelompokan khusus di kolom tab nya bener2 memudahkan pencarian barang2 lokal yang keren dan kental rasa budaya craftmanship Indonesia.

    Semoga dengan adanya ini, gak cuma masyarakat Indonesia yang menghayati fanatisme produk2 lokal tapi juga menjadi media pengenalan dan promosi ke masyarakat global akan produk2 ekraf Indonesia yang bernilai kearifan lokal. Salam kreatif!!

    1. hallo indah! makasih udh mampir! iyahh akupun salut banget ama upaya blibli.com ini! coba liat yang kriya! kamu pasti gemeesss kan pengen nambahin lebih banyak lagi hihihi… ayoo indah!! bikiiinnnn

  13. salam kenal mba sofia… akupun sama pecinta batik terutama untuk acara formal lebih suka pakai kain batik dibanding dres2 modern 🙂
    dan baru tau ada galeri indonesia di blibli, jadi pengen liat2 produknya, hehehe
    thanks for sharing ya mba, jd makin cinta produk dalam negeri 🙂

  14. Waaah sofiii, tulisanmu detail sekaliiii.. aku sukaaa <3 Berasa kayak baca jurnal ekonomi 😀

    Eh kayaknya aku baru kali ini lihat ada e-commerce di Indonesia yang menyediakan ruang khusus untuk produk-produk Indonesia. Sebagai anak bangsa yang cinta produk Indonesia, aku jadi seneng karena bisa tau lebih banyak lagi keragaman produk dalam negeri 😀

    Makasih untuk tulisannya yang bermanfaat banget ini Sofiii :*

  15. Wah! Lumayan sering mantengin Blibli, tapi selama ini selalu ceki-ceki bagian elektroniknya, Kak Sof. Ternyata ada yang baru ya, galeri batik. Kereeen!

    Aku juga biasanya batikan hari jumat aja. Soale hari senin selasa pake baju seragam putih. Rabu kamis pake seragam biru. Kalo bandel bisa kena teguran dari Bubos. Hihiii 😀

  16. Bener banget ya mba. Kemajuan internet semestinya memberi dampak luar biasa ya untuk industri dalam negeri kita. Apalagi jumlah penggunanya yang makin bertambah. Dan galeri indonesia ini pas banget ya. Benar2 bisa jadi rujukan. Enaknya lagi kalau di blibli biasanya bisa gratis ongkir.

    Eh rasanya kemarin udah mampir eh tapi kok dilihat belum ada. Hihii.. mimpi kali ya atau gagal. Sukses ya mba.

    1. hallo mba matur nuwun sudah mampir… hihi.. iya memang kemajuan internet dan makin bertambahnya pemakai internet harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.. biar jadi panggung jualan untuk produk lokal.. salut sama blibli.com ! tq mbak.. amin amin

  17. Kak Sofi, tulisanmu komprehensif sekali 😀 aku baru tahu lho blibli ada menu khusus itu 😀 baca tulisan ini jadi inget obrolan kita di Instagram beberapa waktu lalu. 🙂

  18. Aku cinta produk Indonesia! Kalo pake vatik atau tenun di luar negeri suka banya yg nanyain loh kak katanya bagus, malah di Belanda ada yg jualan batik di pinggir jalan aku sampe kaget, ada jg toko d Jerman namanya Toko Batavia yg punya bule tapi dia pernah ke Indonesia dan suka jd dia jual2in kerajinan2 asli Indonesia, bangga :”)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *