LIFESTYLE

Ngabuburit di Bajawa – Flores – Nusa Tenggara Timur

Hari ke-7 ramadhan.. bagaimana puasanya teman-teman? Aman yah! Saya sudah batal 2x.. kodrat perempuan mau bagaimana… Hihihi…

Ada satu doa yang terkabul mengenai Ramadhan, yaitu…  merasakan suasana Ramadhan di Bajawa. Sudah penasaran sejak tahun lalu. Bermula saat saya sedang melakukan live in designer IKKON 2016   bersama Bekraf, saya bisa merasakan suasana idul adha tahun lalu dalam tugas saya di Bajawa. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya. Nah.. tahun ini, alhamdulillaaah dapat rejeki tugas di Bajawa saat Ramadhan. Dari tanggal 28Mei sampai 3 Juni 2017.
Baca juga : merayakan Idul Adha 1437H di Bajawa

Keterbasan makan sahur
Kaum Muslim di Bajawa adalah minoritas, namun tidak menyurutkan niat ibadah kami di sini. Wajar kalau tidak ada warung makan yang buka subuh, karena untuk hari biasa aja warung makan baru buka pagi dan hanya sampai jam7 malam.
Tetapi.. hotel saya menginap menyediakan makanan untuk sahur. Saya menginap 4 malam.

Malam pertama dan kedua : disediakan kopi/teh dan air panas untuk minuman. Ada nasi untuk sahur. Jadi kami membeli lauk sendiri malam hari untuk sahur esok hari.

Hari ketiga agak missed ni hahaha cuma ada telur rebus dan roti untuk makanan. Tapi masih ada minuman hangat 😍 kami makan roti dan telur rebusnya bersama lauk yang dibeli malamnya.
Hari keempat kami kenyang sekali, jadi hanya mau makan biskuit saja dan minum hangat.
Meriahnya menu buka puasa di Bajawa

Ngomong-ngomong tentang bulan puasa ya, pasti identik dengan momen ngabuburit. Nah…  saya penasaran banget sama info dari Mbak Ani, di depan masjid besar katanya banyak yang berjualan takjil! Ah .. hayuk lah kalau begitu mau banget!!

Seperti biasa, saya menginap di hotel Korina di jalan A Yani. Masjid besar Bajawa ada sekitar 1km dari hotel. Tidak apa-apa .. sudah terbiasa jalan kaki di Bajawa, tidak terasa karena di sini sejuk sekali. Jadi asik-asik aja mengisi waktu…
Jalan pelan-pelan dari hotel ke Masjid Besar bisa memakan waktu 30 menit. Normalnya sih 15 menit sudah sampai, tapi saya mau jalan super santai saja sambil menyapa warga. Di Bajaaa sudah biasa saling menyapa “Hallo! Selamat Sore! Mau kemana?” Warganya super ramah!
Begini rutenya.. dari hotel Korina, jalan ke arah kiri. Sampai pertigaan ambil ke arah kanan menyusuri lapangan kartini. Sesudah Gereja ada gang kecil (antara gereja dengan kafe maidia), masuk aja ikuti jalan.. lalu belok kiri. Sudah sampai! Yesss!!

Waktu saya tiba, terlalu awal sehingga masih sepi. Masih jam5 sore sementara waktu berbuka itu jam17.50. Jadi bisa puas memilih makanan…

Baru tahu.. ternyata Ramadhan  di Bajawa itu seru! Bahkan seru banget karena ikut diramaikan oleh warga lain juga dengan berjualan takjil 😍 Warga juga senang karena ada musim jajanan di saat ramadhan lho.. jadi tidak hanya jadi ajang ngabuburit bagi umat muslim melainkan untuk semua.

Makanan di depan masjid rata-rata harganya Rp. 5.000. saya belanja sampai Rp. 30.000 karena saya beli 6 macam. Kolak, salad buah, lauk ikan goreng tepung, lauk orek tempe dan bakwan jagung. Yummm….

Di hari pertama sampai ketiga saya menikmati makan buka malam di Anugrah, Happy Fish dan Warung Jawa Timur. Tapi di hari terakhir.. Pas mau balik ke hotel, saya melihat ada siomay demak. Hahahaha.. lapar mata.. saya akhirnya beli 1 porsi harganya Rp. 15.000 saja dapatnya banyak banget. Isinya ada tahu coklat, tahu putih, telur, kol, siomay dan bakso.
Duh.. gak akan kelaparan deh untuk buka puasa di Bajawa. Banyaaaak pilihan makanannya 😍

Jajan menu buka puasa dan sahur sekaligus 😍

Keharmonisan Antar Agama
Keharmonisan antar agama di Bajawa khususnya nasrani dan muslim tercermin selama ramadhan ini. seperti yang saya tuliskan tadi, keduanya berpartisipasi dalam menyediakan jajanan takjil di dekat masjid.
selain itu.. di seberang masjid ada gereja. berdampingan. indah sekali melihatnya..

Gereja dan Masjid di Bajawa, berdekatan 😍

Nah..ore ini, kalian Ngabuburit kemana? Pasti sudah ada rencana buka puasa bersama ya. Wah seru banget! Have fun, ya teman-teman..

Salam,

Sofia Dewi

 

 

One thought on “Ngabuburit di Bajawa – Flores – Nusa Tenggara Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *