LIFESTYLE · PERSONAL

[Personal] Mau Move On dari Anyang-Anyangan? Prive Uricran Jadi Andalanku! 

Lima dari sepuluh wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Termasuk saya! Sejak 2 tahun lalu, saya sudah berjanji pada diri sendiri tidak akan menahan pipis seharian lagi. Karena pernah mendapat efek sangat parah bagi kesehatan saya sampai harus berobat serius. Sudah setahun saya menemukan teman setia saat anyang-anyangan, namanya Prive Uricran dari Combiphar. Mau tahu lebih lanjut? Baca sampai selesai ya 😘

Pernah anyang-anyangan..? Tahu apa itu anyang-anyangan..? Itu lho.. rasa ingin buang air kecil yang terlalu sering, tapi keluarnya selalu sedikit sedikit saja.. gak enak banget kan rasanya! Rasanya seperti rindu sama pacar, tapi gak bisa ketemu karena dia jauh. Terus cuma bisa nelfon ajah! Giliran waktunya ketemu, rindu membuncah udah kebelet ketemu, eh mendadak batal karena pacar ada acara keluarga. Semacam PHP! Nah kayak gitu tuh rasanya.. persis! jadi udah kebelet pipis.. eh sampai toilet cuma seencrit 😭😭 sakit pula! kayak kesetrum .. duh Gusti..

 

Pengalaman Anyang Anyangan hingga pipis berdarah

Dua tahun lalu, saya pernah jadi salah satu talent iklan untuk sebuah suplemen kecantikan, (bukan talent utama kok wahahhaa cuma pendukung ajyah) syutingnya di cibubur di komplek taman yang jauh dari pemukiman. Ruang tunggu kami saat syuting aja berupa mobil caravan, demi untuk mendapat kamar mandi yang proper dan ruang tunggu yang dingin dan nyaman.

Syuting berlangsung dari waktu standby jam4 pagi sampai selesainya jam6 sore. nah, dalam kurun waktu itu, dari pagi hari sampai siang, saya masih bisa menggunakan toilet dengan normal karena masih bersih..belum banyak yang pakai. Tapi lama-lama kok jadi jorok dan bau, tentunya saya jadi enggan dan akhirnya menahan pipis seharian. Sampai ketika perjalanan pulang ke Jakarta akhirnya bisa mampir ke rest area dan ke toilet.

Tapi esok paginya sampai seminggu ke depan, saya anyang-anyangan tidak selesai-selesai. Sampai memasuki hari ke-7 untuk pipis aja saya sampai sakit dan berdarah. Mana saya harus menahannya, karena saya sedang gladi resik jadi gak bisa meninggalkan venue. Akhirnya.. apa yang saya lakukan…?

Jangan diketawain ya.. sesuai dugaan kalian pastinya, saya ikat kuat-kuat pakai karet kedua jempol kaki saya .. 🙈🙈 karena konon katanya itu bisa bikin ilang anyang-anyangan 😁😁 ngaruh..? Mmmmm.. saya lupa 🙈 sugesti mungkin yah.. saya gak ingat! Tapi beneran itu adalah saat paling momok sedunia yang pernah saya rasakan.. saya bahkan takut untuk pipis, takut kalo hasrat pipis itu datang.. 😭😭

Akhirnya esok paginya saya ke dokter dan disarankan untuk melakukan test lab. Kok serius ya, pikir saya. Tapi ya sudahlah.. diikuti saja.. daripada kenapa-napa. Saya mendapat surat pengantar untuk mengecek kondisi saya di lab terdekat. Lab akan mengetes urine saya.

Dan… Esok paginya saya kembali ke lab dan mendapati dalam urine saya ada bakteri nya. Oh no 😭 dokter bilang saya terkena infeksi saluran kemih 😭😭 akhirnya saya harus mengkonsumsi obat yang diberikan dokter, termasuk antibiotik.

Penderitaan saya tidak berhenti di sini, ternyata saya ada alergi beberapa zat dalam antibiotik yang saya minum. Akhibatnya kulit saya merah-merah, panas dan gatal. Ya Allah 😭😭😭 sedih bener deh! Harus ke dokter lagi dan diganti obatnya. Saya minum obat selama 10 harian dan akhirnya saya sembuh. Alhamdulillaaah! Happy banget!!

Sejak saat itu,  saya meminta maaf sama diri sendiri karena teledor sama kesehatan. Dan saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi, ever! ♥️

 

IMG_20170630_094037
source : www.uricran.co.id

 

Penyebab Anyang-Anyangan

Saat pemeriksaan terakhir, saya sudah banyak bertanya kepada dokter tentang anyang-anyangan secara medis. Yang saya tahu selama ini kan pengertian yang beredar di rumah ya.. termasuk pengobatan menggunakan tali karet untuk mengikat jempol kaki saya 🙈

Nah, kata dokter, penyakit anyang-anyangan itu sebenarnya bisa diderita oleh pria maupun wanita. Namun pada kenyataannya, anyang-anyangan lebih banyak diderita oleh wanita lho!  kenapa? Karena secara anatomi tubuh, jarak antara saluran kemih (uretra) dengan saluran pembuangan air besar itu berdekatan, jadinya rentan banget mengalami gangguan di sekitar saluran kemih.

Sedihnya lagi, resiko seorang wanita terkena anyang-anyangan di sepanjang hidupnya itu mencapai 50%. Bahkan kebanyakan wanita juga beresiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga menahun. Oh No!!

Mengetahui ini semua tentu saya bertanya serius mengenai anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih ini. Kemudian dokter menyarankan saya untuk mengkonsumsi Prive Uricran dari Combiphar.  Kemudian saya dikasih banyak info mengenai produk Uricran maupun tentang anyang-anyangan secara lebih detail!

Penyebab anyang-anyangan ini ternyata sepele banget lho guys! Meskipun begitu, jangan pernah menyepelekan anyang-anyangan ya! Karena kalau sudah makin parah akan membuat kita masuk ke tahap infeksi kandung kemih! Enggak mau kan..?

Nah Mau tahu dong…apa saja penyebab anyang-anyangan? Karena saya yakin, kamu juga sering mengabaikannya..yuk  coba cocokin..:

1. Sering menahan pipis

> Penyebab ini persis sama dengan pengalaman pribadi yang saya ceritakan dj atas tadi.

2. Terlalu banyak minum minuman yang memiliki efek diuretik.

> Contohnya: alkohol, kopi dan teh

3. Kondisi toilet yang tidak bersih

4. Air untuk membasuh sesudah buang air kecil tidak bersih

5. Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar

6. Kehamilan

> Terutama saat umur kehamilan sudah mendekati waktu kelahiran

7. Cemas

> Rasa cemas yang berlebihan akan memicu diri untuk lebih sering buang air kecil

Sebenarnya, 80% penyebab infeksi saluran kemih adalah karena adanya bakteri E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih kita. Tapi bagaimana bakteri itu bisa bersemayam, tentunya faktor kebersihan yang harus kita pertahanan. Betul..?

 

**********

 

Tanda-Tanda Anyang-Anyangan:

Tahukah kamu, kalau Anyang-Anyangan itu tidak selalu menimbulkan gejala fisik yang spesifik? Ada juga beberapa kondisi secara umum yang dapat dijadikan acuan bagi kita yang sedang mengalami anyang-anyangan.

Coba perhatikan ya.. karena siapa tahu meskipun kamu merasa tidak mengalami hal-hal yang menyebabkan anyang-anyangan di atas, bisa jadi kamu memiliki tanda-tandanya! (But I wish U don’t ya..)

1. Lebih sering ingin buang air kecil

2. Buang air kecil lebih sering tetapi dengan volume ya g sedikit

3. Nyeri pada panggul (untuk wanita) dan gejala nyeri pada anus (bagi pria)

4. Rasa perih ketika buang air kecil

5. Urine berbau menyengat, lebih pekat dan kadang-kadang mengandung darah

6. Merasa lelah dan kurang sehat

7. Demam

Jadi gimana..? Kamu aman…? Alhamdulillaaah kalau aman ya.. tapi simak terus sampai selesai ya! Karena ada info penting untuk kesehatan area itu nanti.. ! ♥️

 

**********

 

Siapa saja sih yang bisa terkena resiko anyang-anyangan? 

Sayangnya, anyang-anyangan ini tidak pilih-pilih umur untuk melancarkan serangannya. Kuncinya memang jaga kebersihan banget! Karena Baik Orang dewasa, anak-anak, laki-laki maupun perempuan (khususnya perempuan justru lebih rentan), bahkan Ibu Hamil sekalipun!

 

Khasiat Buah Cranberry untuk membasmi Anyang-Anyangan

Menurut penelitian yang sudah lama dilakukan di Amerika, buah Cranberry terbukti ampuh mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan Bakteri E-Coli pada dinding saluran kemih. Karenanya di Amerika sana, buah Cranberry sudah lama digunakan untuk kesehatan.

Ternyata ya.. di negara maju semacam Amerika pun ada yang namanya anyang-anyangan! Kirain cuma di negara kita aja 😁😁

 

Gimana cara kerja Cranberry di dalam tubuh kita? 

Jadi.. Proantocyanidin (PAC) dalam buah Cranberry mampu untuk mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih. PAC akan membuat bakteri E-Coli menjauhi dinding sel epitel dan membuangnya bersama air kencing.

Sayangnya, pada kenyataannya mencari Cranberry tidak segampang beli albumnya di Itunes guys! (Aih ini mah Cranberries!! Yang punya single Zombie sama Animal Instinc 😂😌) maaf ya… Buat intermezo biar kalian ga bosen ini lagi ngomongin ilmiah-ilmiah hihihi…

Buah Cranberry memiliki banyak keunikan tersendiri sehingga membuatnya susah dikonsumsi, di antaranya :

• sulit dicari di pasaran. Karena cramberry tumbuh di pedalaman hutan secara liar

• harganya mahal (iyalah.. hukum ekonomi.. makin langka makin mahal ya kan)

• tidak praktis untuk dimakan langsunh, harus dijus dulu guys

• rasa agak pahit dan asam (duh.. siapa mau makan kalau begini?)

Lalu gimana bisa mendapatkan asupan Cranberry yang cukup kalau banyak drama begini?? 😿 Tenaaaang… Ada solusinya!!

**********

Prive Uricran dan Prive Uricran Plus dengan ekstrak Cranberry, cara sehat lebih praktis! 

Produk andalan Combiphar ini pasti sudah sering kamu dengar kan. Yup! Saya pun sudah setahun ini menggunakannya. Tentunya sejak tahun lalu saya mengikuti kegiatan Live In Designer di Flores membuat saya rentan menunda buang air kecil karena keasyikan bekerja maupun sedang jauh dari air.

Prive Uricran ini menjadi salah satu solusi saya saat anyang-anyangan! Karena memiliki kandungan Cranberry yang tinggi (minimal 250mg lho!)

Ada 2 jenis Prive Uricran yang saya ketahui, yaitu :

1. Prive Uricran

IMG_20170630_094100
source : www.uricran.co.id

• komposisi : 250mg ekstrak cranberry

• bentuk : kapsul

• dosis : 1-2 kapsul/hari

•  Isi Per Box : 30 kapsul

•  Harga : Rp. 135.000



 

2. Prive Uricran Plus

IMG_20170630_094049
source : www.uricran.co.id

•  komposisi : 375 mg Ekstrak Cranberry, 60mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1mg bifidobacterium bifidum

•  bentuk : powder sachet

•  dosis : 1-2 sachet/hari

•  isi per box : 15 sachet

Uricran plus sesaat setelah dicampur air, masih berbusa, tunggu sekitar 1-2 menit, busanya akan menghilang.
Rasa Uricran ini manis, dan ada wangi segar cranbery sejak pertama dituang ke gelas, setelah diaduk semakin wangi lho! suka!


Prive Uricran Andalanku!

Setahun lalu, ketika awal mengikuti program Innovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) dari  BAdan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, sudah was-was kalau anyang-anyangan saya bisa kambuh. Karena saya tipikal orang yang kalau sudah kerja bisa lupa waktu, jadi pasti akan jarang pipis lah kan…

Kapok anyang-anyangan parah, maka saya lalu konsultasi dengan beberapa teman dan juga dokter mengenai cara mengatasi susah buang air kecil. Dan.. dari 10 orang yang saya tanyai, 8 di antaranya merekomendasikan Prive Uricran. Saya langsung ke apotik dan membeli dua macam Uricran sekaligus. Karena saya lama ada di Flores, ada sekitar 2 bulan dalam kurun waktu 4 bulan. Buat stok! Ingat ya ada pepatah “sedia payung sebelum hujan”..

Saya hanya minum Prive Uricran saat mengalami gejala Anyang-anyangan saja, dan ternyata itu sangat manjur karena hanya minum 4x dan langsung sebuh. Saya tidak tahu apakah itu tergolong reaksi lambat atau cepat, tapi karena saya pernah mengalami infeksi kandung kemih agak parah jadi mungkin reaksinya berbeda dengan teman-teman yang masih sekedar anyang-anyangan saja ya.. Yuk coba share pengalamanmu di kolom komentar ya! Pengen tahu juga nih..

**********

Tips untuk mencegah anyang-anyangan saat perjalanan jauh

Oya,

di musim mudik Lebaran kali ini saya mudik dengan kereta api dan itu tentu rentan dengan anyang-anyangan. Saya masih belum tega untuk buang air kecil di toilet umum karena trauma sebelumnya ya. Nah, saya punya beberapa tips nih buat kamu yang akan melakukan perjalanan jauh khususnya via darat, apalagi kalau membawa kendaraan sendiri, siap-siap macet yah!

Tipsnya adalah :

• sedia tissu kering dan tissu basah di tas

• sedia air minerl/air bersih dalam botol

 • sebagai cadangan untuk membasuh

• sehabis buang air kecil jika terpaksa menggunakan toilet umum

• usahakan untuk buang air kecil dulu sebelum meninggalkan rumah

• jika ada kesempatan mampir untuk sholat di masjid (bagi yang muslim) bisa sekalian numpang buang air kecil ya

• selalu sedia Prive Uricran dan Prive Uricran Plus di dalam tas ya!

**********

Nah itu tadi beberapa sharing tentang pengalaman buruk saya yang berkaitan dengan kebersihan, infeksi saluran kemih, dan perkenalan saya hingga akhirnya begitu loyal pada Prive Uricran! Kalau masih penasaran sama Uricran dan mau jadi Wanita Uricran, kalian bisa kepoin deh akun facebook , instagram , dan www.uricran.co.id  yah!!

**********

Terima kasih sudah membaca tulisan ini sampai akhir. Semoga bisa memberikan solusi yang baik untuk masalahmu ya! Karena beneran ini manjur! kalau tidak, saya tidak akan bertahan memiliki stok Prive Uricran dalam pouch saya kan..okay, sampai ketemu di blogpost selanjutnya ya!

Salam,

Sofia Sari Dewi

instagram | twitter | facebook

11 thoughts on “[Personal] Mau Move On dari Anyang-Anyangan? Prive Uricran Jadi Andalanku! 


  1. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jspagi kak sofia. Saya baru bangun dan ada notifikasi di email kalo kak sofia ada blogpost baru dan ternyata pas judulnya sama yang sedang saya alami sekarang. Efek macet mudik kemarin beneran bikin stress kak.. dan nahan pipis seharian beneran bikin kapok sih betul kata kakak. No more..
    Ini mau mandi trus ke apotik. Beli uricran! Yippie!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *