LIFESTYLE

[travel] Pengalaman Pertama Mencoba Garuda Indonesia Explore ATR 72-600 di Flores

Yang namanya pengalaman pertama itu selalu menggugah adrenalin. Karena di dalamnya ada keseruan, rasa penasaran dan rasa senang akan hal baru. Itu juga yang saya rasakan ketika terbang bersama Garuda explore ATR 72-600 dari Labuan Bajo minggu lalu ♥️

Hallo, Selamat Pagi! Long weekend ke-3 sudah direncanakan dengan baik ya tentunya…? Musti elus dada dan bersabar nih, karena liburan 3x dalam sebulan tentu sangat menguras isi tabungan.. tapi gak perlu kuatir.. inshaAllah masih ada banyak kesempatan untuk kembali mengisi pundi uang di rumah, niatnya kan baik ya… Untuk refreshing 😁😍

Rencana long weekend saya? Ada yang special.. meski saya tidak kemana-mana. Saya akan menghabiskan waktu di Jogja di studio untuk menyelesaikan beberapa pesanan seragam wedding. Karena saya akan mulai travelling lagi minggu depan. Semangattt!!! 

Mumpung masih pagi, saya ingin sharing kepada kalian semua tentang pengalaman terbanh pertama saya dengan Garuda Explore ATR 72-600 di Flores. 

Yup! Ini bukan pertama kalinya saya terbang dengan pesawat ATR baling-baling, karena tahun lalu saya sudah bolak balik Jogja-Ngada dengan Lion Group. Tapi ini pertama kali menggunakan pesawat kecilnya Garuda! I’m so excited!! 

GARUDA INDONESIA EXPLORE ATR 72-600

Garuda Indonesia menjawab keinginan wisatawan domestik dan manca negara untuk kenyamanan terbang di kota regional domestik Indonesia supaya dapat menjelajah negeri dengan lebih nyaman, cepat dan efisien. Garuda Indonesia menggunakan jenis pesawat ATR 72-600 untuk menghubungkan kota-kota regional di Nusa Tenggara (juga di Kalimantan dan Sumatera) yang memiliki bandara kecil dan tidak bisa digunakan untuk mendarat oleh pesawat besar jenis Boeing 737-800 atau Airbus A319/320. Termasuk untuk rute yang saya lalui yaitu Labuan Bajo – Kupang. 

Pesawat ATR 72-600 milik Garuda Indonesia menggunakan branding Garuda EXPLORE di badan pesawatnya. Pesawat kecil dengan baling-baling ini hanya memiliki 70seats dan semuanya kelas ekonomi. Tetapi jangan khawatir, 2 fasilitas utama Garuda Indonesia sebagai full service flight tetap tidak hilang, yaitu free bagasi sebesar 20kg dan free meals. Yeayyyy ♥️

Seatnya tetap nyaman dengan dekorasi minimalis. Lengkap dengan inflight magazine dan petunjuk keselamatan juga kantong kertas bagi Anda yang mabuk udara. 

Pesawat Garuda Explore ini hanya membuka 1 pintu di belakang, seperti halnya pesawat ATR milik Lion yang saya coba sebelumnya. Bagasi dimasukkan melalui pintu depan. 
RUTE LABUAN BAJO – ENDA – KUPANG

Sebenarnya, saya tidak mengira penerbangan dari Labuan Bajo ke Kupang harus melalui Ende dulu hahaha surprissed! Pantesan lama.. tapi tidak apa-apa karena jadi bisa menikmati pemandangan alam flores yang begitu mempesona. Barisan air laut berwarna toska, kapan lagi bisa dinikmati ya kan.. 

Penerbangan Labuan Bajo ke Ende ditempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit. Dan penerbangan dari Ende ke Kipang ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Dan dalam penerbangan transit itu, kami yang terbang ke Kupang mendapat 2x snack box yang berisi 1 air mineral dan 2 kue, dan itu berarti SUPER KENYANG 😁😁

BAGASI CABIN

Meskipun memberikan bagasi gratis sebanyak 20kg, namun aturan jika kita bawa bagasi kurang dari 7kg maka boleh dibawa naik ke cabin tidak berlaku. Dikarenakan bagasi di dalam cabin sangat kecil dan hanya cukup untuk tas ransel. Dikhawatirkan tidak bisa masuk, biasanya koper ukuran cabin akan disimpan oleh petugas dan penumpang akan diberikan kertas pink sebagai tanda pengambilan bagasinya. 

Jadi, koper kabin kamu boleh dibawa sendiri sampai ke depan pesawat, tidak perlu masuk bagasi jika memangil tidak ingin menunggu lama saat pengambilan nanti, tapi.. sesampainya di pintu masuk pesawat, koper kabin kamu akan disimpankan oleh petugas dan kamu akan diberikan selembar kertas pink. Itu nanti akan digunakan untuk pengambilan saat turun dari pesawat ketika sampai di tujuan. 

Berikut ini beberapa penampakan pesawat Garuda Indonesia Explore ATR 72-600 Labuan Bajo-Kupang :

Saya beruntung mendapatkan harga rendah (menurut saya) untuk rute Labuan Bajo – Jakarta pada long weekend lalu. Untuk penerbangan jarak jauh dengan Garuda Indonesia di tanggal merah yaity 24 April 2017 saya mendapatkan harga kurang dari 2 juta rupiah melalui Traveloka. 

Jadwal penerbangan untuk rute Labuan Bajo – Jakarta yang saya lakukan kemarin adalah :

Labuan Bajo (Komodo Airport)  – Kupang (El tari) berangkat dari labuan bajo jam10.05 WIT (delay 15 menit seharusnya berangkat 09.50 WIT) dan tiba di Kupang pukul 12.30 WIT dikarenakan harus transit di Ende dulu.

Transit 4 jam 30 menit di Kupang.

Kupang – Jakarta (via bandara Soekarno Hatta) berangkat pukul 17.00 WIT dan sampai di Cengkareng pada pukul 19.10 WIB.

Namun untuk rute dari Kupang ke Jakarya tidak menggunakan ATR 72-600 Ya melainkan menggunakan pesawat jet kecil yang disebut dengan Garuda Indonesia Explore jet. Ulasan lenih detail mengenai Explore jet Garuda ini akan saya ceritakan secara terpisah ya 😘

Menyenangkan​ sekali terbang bersama Garuda Indonesia. Penerbangan yang smooth dan awak kabin yang ramah juga kru check in yang sangat helpful. Thank you, Garuda.. semoga saya berkesempatan untuk mencoba rute lain di kemudian hari. 

Terima kasih banyak teman-teman sudah membaca sampai selesai, jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar ya 🙂 pasti dibalas 🙂 Sampai ketemu di postingan selanjutnya yang gak kalah seru dan pastinya informatif 😘😘 have a good day!! 

HAPPY LONG WEEKEND ♥️♥️📸📸
Salam,

Sofia Dewi

instagram | twitter

5 thoughts on “[travel] Pengalaman Pertama Mencoba Garuda Indonesia Explore ATR 72-600 di Flores

    1. enakan garuda.. tapi harganya ya beda siii… Ini juga bagasi 20kg dan dpt meals. Tp bs naik ini juga karena ke labuan bajo dulu. Kalo dr bajawa si gak ada .. harus lion group..

  1. Nyaman bangeeettt pakai ATR garuda hehehehe.. inshaAllah semua aman. Seru banget bisa ke banyuwangi.. hihi.. semoga bulan depan bisa nyobain. Seru aja pas baca kabar bahwa udah ada penerbangan langsung ke sana. Have a pleasent flight yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *