Uncategorized

[Travelling] Perjalanan Pulang dari Bajawa ke Yogyakarta/Jakarta

Hallo! Hari ini saya mau update tengah malam di blog haha lagi insomnia sambil menunggu muka kering ini lagi pakai masker kefir juga sebenarnya.. 
Masih ingatkah beberapa waktu lalu saya menjabarkan rute penerbangan ke Bajawa dari Jakarta ? Tentunya perlu untuk menjabarkan rute pulang dari Bajawa ke Jakarta/Yogyakarta kan…? 

Nah… untuk rute kepulangan, ada beberapa perbedaan di antaranya :

1. pesawat (enggak bisa pakai batik air tetapi memakai lion air) 

2. tidak ada penerbangan langsung dari Kupang ke Jakarta/Yogyakarta. Keduanya diharuskan transit di Surabaya

Total waktu tempuh yang diperlukan adalah :

1. untuk perjalanan dari Bajawa ke Jakarta (turun di Soekarno-Hatta) yaitu dari jam10.30 sampai jam 18.30, sedangkan

2. untuk perjalanan dari Bajawa ke Yogyakarta yaitu dari jam 10.30 sampai jam 20.45

Lama ya? Tentu. Karena Transitnya cukup lama juga. 

Rute Bajawa – Jakarta

Sebenarnya ada 2 penerbangan pagi yang bisa dipilih untuk penerbangan dari SOA bajawa ke El Tari Kupang, yaitu jam10 dan jam12. Namun.. untuk waktu yang lebih padat dan efektif, sebaiknya menggunakan pesawat jam 12.55.

Jadi Rute dan pesawatnya adalah :

1. jam 12.55 – 13.55 waktu Indonesia bagian NTT: Wings Air : SOA Bajawa – El Tari Kupang

2. jam 15.05 waktu Indonesia bagian NTT – 16.20 Waktu Indonesia bagian Surabaya : Lion Air : El Tari Kupang – Juanda Surabaya

3. jam 17.00 – 18.30 WIB : Surabaya – Jakarta (Soekarno Hatta)

Jangan lupa, untuk web check in dulu. Kamu punya waktu sampai 4 jam sebelum keberangkatan untuk melakukan web check in. Namun, meskipun sudah web check in, harus tetap berusaha untuk tiba di bandara SOA bajawa pada (selambatnya) 1 jam sebelum terbang. Karena pernah terjadi keunikan, yaitu pesawat lepas landas sebelum waktunya. Dan sering terjadi. 

Waktu ideal untuk berangkat dari hotel di Bajawa adalah jam10.30 pagi , sehingga  asumsinya untuk 1 jam perjalanan maka jam 11.30 sudah sampai di bandara SOA. Sesampainya di sana musti sabar karena selain antri, kadang-kadang pencatatan di counter dilakukan secara manual. 

Bandara SOA ini kecil dan bersih. Salah satu bandara yang simple dan praktis karena tidak perlu melalui banyak lorong untuk tiba di lounge. Begitu pula untuk mencapai pesawat, jadi semua serba cepat. 

Seat untuk Wings Air itu 2-2. Dan pesawat ATR hanya memiliki 1 pintu masuk penumpang yaitu di belakang. Saran untuk memilih seat saat web check in adalah pilih seat di belakang saja, di atas angka 15. Selain supaya mendapat pemandangan yang tidak terhalang baling-baling maupun sayap, kamu akan lebih mudah keluar masuk karena lebih dekat dengan pintu keluar. 

PENTING: Penerbangan ditempuh dalam waktu 60 menit. Perlu diingat baik-baik dan dilakukan: Flight mode! Karena dalam batas ketinggian pesawat ATR, ternyata masih bisa ditangkap oleh sinyal provider. Saya pernah ada pengalaman, saya  bawa 2 HP lalu saya  belum terbiasa dengan itu dan akhirnya 1 HP lupa dibuat flight mode. Pas mau foto-foto saya baru ngeh, saya melihat sinyal masih ada. Lalu cepat-cepat saya matikan. Goncangan kuat di dalam penerbangan udah cukup bikin parno jadi tidak perlu menambahnya dengan bandel tidak mengaktifkan flight mode. 

Sesampainya di El Tari Kupang, pastikan boarding pass penerbangan Soa Bajawa – El Tari mudah dijangkau. Karena itu perlu ditunjukkan di pintu masuk menuju dalam airport. 

Begitu turun dari pesawat, kamu akan melihat hamparan pegunungan mengelilingi runway. Ikuti petunjuk dan masuklah ke dalam gedung terminal. Tentunya bandara El Tari lebih besar daripada Bandara Soa.

 Jadi ketika masuk, jangan langsung menuju pintu keluar ya. Di sebelah kanan, sesudah toilet akan ada pintu masuk untuk penumpang transit. Biasanya 2 orang petugas sudah menanti di sana untuk mengabsen kita semua karena mereka sudah memiliki daftar penumpang transit. 

Meskipun sudah didaftar, tapi tetaplah menuju counter Lion Air untuk melapor. Sesudahnya, kamu bisa keluar dulu untuk membeli makan siang. Sebaiknya dibungkus karena hanya memiliki waktu luang kira-kira 40menit. Akan lebih tenang kalo beli makanan di luar lalu dibawa masuk dan makan di lounge. 

Ketika kamu keluar akan langsung menemukan sebuah mini market. Lansung berjalan ke arah kanan maka sekitar 15m kamu akan menemukan deretan warung makan dengan bermacam menu dimulai dari harga 25.000 untuk makanan. 

Pesawat  berikutnya jam3.05 dengan menggunakan Lion Air menuju ke Juanda. Karena waktu tempuhnya cukup lama, biasanya saya bisa tidur cukup sampai tiba waktu mendarat. 

Keluar dari Lion Air akan dijemput bus dan diantar menuju gedung terminal. Begitu sudah di pintu masuk, sebaiknya langsung lapor di petugas yang ada di sebelah kanan. setelah menunjukkan  boarding pass yang lama, kamu akan mendapat boarding pass yang baru, jadi kamu bisa lihat di gate berapa kamu harus pergi.

Sebaiknya bergegas naik lift dan menuju (biasanya) gate 3A karena pesawat sudah disiapkan. Agak berjalan cepat. Kalo kebelet ke toilet, kalo bisa ditahan dulu dan baru memakai toilet di pesawat saja ya. 

Penerbangan ditempuh kurang lebih 90menit dengan Lion Air, cukup waktu untuk istirahat lagi. Tiba di Bandara Soekarno Hatta kurang lebih pukul 18.30 dan siap menunggu koper lalu menuju ke penjemputan. 

Rute Bajawa – Yogyakarta

Rute ke Yogyakarta menempuh penerbangan yang sama dengan tujuan Jakarta sampai di Surabaya saja. Lalu perlu untuk transit agak lama dan baru terbang lagi jam 19.45. 

Saya biasanya menghabiskan waktu di luar terminal. Berjalan agak jauh sampai melewati air mancur, saya makan di AW resto. Karena ada waktu luang sekitar 3 jam dan perut biasanya masih lapar karena porsi makan di El Tari biasanya sedikit saja. Namun jika masih kenyang dan merasa bisa menahan lapar sampai tiba waktu mendarat dan pulang ke rumah, kamu cukup ngopi-ngopi aja di lantai 2 di sekitar gate. Biasanya jurusan Yogyakarta naik dari Gate 1 atau 2. 

Di lantai 2 ada kopi tiam, starbucks dan coffee bean. Tapi menurut saya sebaiknya kamu makan sesuatu yang mengenyangkan. Mengingat kita tidak tahu penerbangan akan tepat waktu atau tidak, dan kalaupun tepat waktu maka akan tiba di Adisucipto Jogja pada jam9.45 dimana ada kemungkinan beberapa restoran sudah tutup/habis makanannya ataupun sudah last order. Jika rumah/hotel kamu jauh dari bandara dan jalanan macet, praktis kamu baru akan bisa makan  saat tengah malam. Tentunya tidak baik untuk kesehatan ya. 

Nah.. itu tadi info penerbangan pulang dari Bajawa. Nanti masih ada 1 rute lagi yang bisa saya share yaitu rute : BajawaDenpasar

Dan ada 3 alternatif. Tunggu ya! Segera dipost 😘
Terima kasih sudah mampir. Senang bisa berbagi info untuk kamu yang suka travelling, semoga info tadi bisa membantu yah! 

Selamat beristirahat 😘

Love and cheers,

Sofia Dewi

instagram | twitter | FB : Sofia Dewi

4 thoughts on “[Travelling] Perjalanan Pulang dari Bajawa ke Yogyakarta/Jakarta

    1. hallo mas wadiyo. makasih sudah mampir. paling saya bisa jawabnya gak bisa total ya karena perkiraan hari di sama belum tau.. untuk tiket pesawat PP jogja-bajawa (via jakarta) sekitar 4juta.. akomodasi per hari (makan – hotel) 300 ribu. transportnya tergantung mau kemana saja ya. karena di sana pakai sewa mobil 700rb per 8jam. kalo seputaran bajawa-langa bs pakai angkot 4000 sekali jalan. atau ke riung pakai travel 50rb sekali jalan.. semoga bisa membantu ya.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *